Kementerian PUPR menyampaikan sebanyak 52 usulan program pembangunan perumahan. Foto: Kementerian PUPR
Kementerian PUPR menyampaikan sebanyak 52 usulan program pembangunan perumahan. Foto: Kementerian PUPR

52 Usulan Sektor Perumahan Disetujui Komisi V

Properti perumahan sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Kementerian PUPR
Antara • 23 September 2020 21:06
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan sebanyak 300 usulan program pembangunan infrastruktur dari Komisi V DPR RI dapat dilaksanakan pada anggaran 2021.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan 300 usulan itu berasal dari 1.015 usulan yang masuk ke Kementerian PUPR dari anggota Komisi V DPR RI.
 
"Semua usulan komisi V sudah kami rekap semuanya. Dari 1.015 item pekerjaan yang bisa dikerjakan fisik 300 usulan," paparnya dalam rapat kerja bersama komisi V DPR RI, Rabu, 23 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan sebanyak 300 usulan itu terbagi dalam empat bidang, yakni Sumber Daya Air sebanyak 122 usulan, Bina Marga 91 usulan, Cipta Karya 35 usulan, dan Perumahan 52 usulan.
 
Menteri Basuki mengemukakan bahwa kriteria usulan program yang dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR 2020-2024.
 
Kemudian, lanjut dia, kriteria lainnya adalah program direktif dan penugasan Presiden dan Wakil Presiden serta usulan anggota komisi V DPR RI.
 
"Usulan tersebut pasti akan kita lihat readiness kriterianya, dalam hal ini seperti feasibility study, detail engineering sistem, kesiapan tanah, dan anggaran," katanya.
 
Selain itu, lanjut Menteri PUPR, usulan program juga harus ada sinergi dengan pengembangan kawasan strategis dan kawasan pengembangan lainnya yang diprioritaskan.
 
Dalam kesempatan sama, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR untuk melakukan penajaman dan penyempurnaan terhadap hasil sinkronisasi fungsi dan program Kementerian PUPR di dalam RAPBN 2021 sesuai saran, masukan, dan usulan Komisi V DPR RI.
 
"Ini persetujuan kita semua, maka selesailah rapat kita pada hari ini," ucapnya.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif