THR bisa dimanfaatkan untuk mencicil rumah. (Foto: Shutterstock)
THR bisa dimanfaatkan untuk mencicil rumah. (Foto: Shutterstock)

Yuk! Pakai Uang THR untuk Menyicil Rumah

Properti investasi properti Properti milenial
Rizkie Fauzian • 15 Mei 2019 10:40
Jakarta: Pada umumnya masyarakat cenderung menjadi konsumtif menjelang hari raya Idulfitri. Uang tunjangan hari raya (THR) digunakan untuk berbelanja. Sebenarnya, THR bisa dimanfaatkan untuk mencicil rumah.
 
"Bagi mereka yang belum memiliki rumah, alih-alih membelanjakan Tunjangan Hari Raya (THR) dan tabungan lainnya untuk kebutuhan konsumtif seputar Ramadan, lebih baik digunakan untuk mewujudkan impian memiliki rumah,” kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan, menyarankan.
 
Menurut Ike Hamdan, pasar properti menengah bawah akan terpengaruh inflasi yang terjadi sepanjang periode Ramadan. Namun, hal ini tidak terlalu berdampak pada kelas menengah atas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasar inilah yang bisa disasar pengembang dengan strategi berbeda. Tren ini juga bisa dimanfaatkan konsumen untuk mendapatkan rumah dengan harga terbaik," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Pada periode ini, pasar properti akan berpihak kepada pembeli. Periode Ramadan dan menjelang Lebaran adalah periode di mana pasar bersifat buyer's market. Artinya, daya tawar dari pengembang cenderung lebih lemah terhadap pembeli.
 
"Hal tersebut berlaku baik bagi pembeli hunian untuk ditinggali maupun pembeli untuk investasi. Pada periode ini, pengembang biasanya menawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan-kemudahan lainnya," ucap Ike.
 
Patut dicatat juga mengenai usaha berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat memiliki rumah. Kebijakan terakhir dari pemerintah adalah pelonggaran LTV pada Agustus 2018 yang memungkinkan DP (uang muka) ditentukan berdasarkan penilaian dan kesepakatan antara pembeli dan bank pemberi kredit.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif