Rumah tahan gempa dengan sistem modular yang dibangun untuk korban bencana di Cianjur. Foto: Kementerian PUPR
Rumah tahan gempa dengan sistem modular yang dibangun untuk korban bencana di Cianjur. Foto: Kementerian PUPR

Populer Properti: Pengembang Bidik IKN hingga Progres Rumah Tahan Gempa di Cianjur

Rizkie Fauzian • 05 Desember 2022 09:45
Jakarta: Berita terpopuler properti pada Minggu, 4 Desember 2022 membahas soal pengembang jajaki investasi di IKN hingga progres pembangunan rumah tahan gempa di Cianjur.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id kemarin.

1. Pengembang Properti Jajaki Investasi di Kawasan IKN

Real Estate Indonesia (REI) menjajaki investasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang ditetapkan sebagai bagian dari Ibu Kota Negara (IKN) baru bernama Nusantara. REI berminat menanamkan modal namun belum menentukan sektor investasi.
 
"REI masih lakukan survei untuk tentukan bidang investasi yang cocok dikembangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa di Penajam, Sabtu, 3 Desember 2022.
 
Selain REI, ada tiga pemilik modal lainnya yang berminat berinvestasi dan telah menandatangani nota kesepakatan (MoU) dengan pemerintah kabupaten (pemkab).
 
Baca selengkapnya di sini

2. 1.057 Rumah Tak Layak di Kaltim Diperbaiki Gratis

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur membantu membangun 1.057 rumah layak huni  (RLH)bagi warga berpenghasilan rendah. Pembangunan rumah tak layak tersebut menggunakan anggaran dana pemerintah daerah selama 2022.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur Aji Muhammad Fitra Firnanda mengatakan bahwa dinas telah merampungkan pembangunan 1.900 rumah pada 2021 dan menargetkan penyelesaian pembangunan 2.957 lainnya hingga akhir 2022.
 
"Pemprov Kaltim menargetkan hingga tahun 2023 harus rampung sebanyak 5.000 unit RLH," kata Fitra di Samarinda dikutip Minggu, 4 Desember 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

3. Begini Progres Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai menyiapkan lahan (land clearing) dan pembangunan rumah bagi warga yang akan direlokasi pasca gempa. Pemerintah Kabupaten Cianjur menyiapkan 2,5 hektar lahan untuk hunian tetap bagi warga yang akan direlokasi. 
 
"Saat ini sedang dikerjakan empat unit dari 200 unit Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dengan struktur tahan gempa.  Besok jumlah tenaga kerja yang dikerahkan akan mencapai 100 orang untuk percepatan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Minggu, 4 Desember 2022.
 
Menteri Basuki menjelaskan, rumah tersebut akan dibangun dengan teknologi Risha yang telah terbukti berhasil membuat bangunan dua sekolah di Cianjur tetap kokoh berdiri pasca-gempa melanda. Stock yang tersedia saat ini sekitar 2400 unit dan kita akan pasang seluruhnya di Cianjur dengan target tuntas sebelum Lebaran 2023.
 
Baca selengkapnya di sini

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif