KPR Subsidi baru terserap 70 persen. (Foto: dok. Kementerian PUPR)
KPR Subsidi baru terserap 70 persen. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

Terserap 70%, Kementerian PUPR Bantah KPR Subsidi Habis

Properti sejuta rumah
Rizkie Fauzian • 07 Agustus 2019 20:25
Jakarta: Kuota subsidi rumah dengan skema KPR fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) belum lama ini diberitakan hampir habis. Bahkan Bank Tabungan Negara (BTN) selaku bank penyalur meminta tambahan kuota KPR FLPP, namun benarkah bantuan subsidi rumah telah habis?
 
"KPR FLPP baru 70 persen, artinya masih ada 30 persen lagi," kata Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Eko D Heripoerwanto di kantornya, Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Menurut Eko, tak hanya KPR FLPP, skema subsidi selisih bunga (SSB) juga masih tersedia. Bahkan untuk SSB saat ini realisasinya masih 0 persen. Padahal, targetnya mencapai 110 ribu unit sedangkan FLPP hanya 68.858 unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi KPR subsidi FLPP dan SSB itu masih ada," ujarnya.
 
Namun, Kementerian PUPR telah menyiapkan antisipasi jika kuota subsidi KPR memang habis. Pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk meminta tambahan anggaran.
 
"Menteri PUPR sudah kirim surat ke Menteri Keuangan untuk mengantisipasi kalau harus ada tambahan subsidi. Kita berharap ada tambahan di akhir tahun," jelasnya.
 
Eko menambahkan jumlah subsidi rumah tahun ini memang lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, selama 2015 hingga 2018, kinerja KPR subsidi serapannya hanya 70-75 persen dari target.
 
"Memang daya serap industri dan pelaku perumahan ini hanya segitu. Kami sering ditegur Menkeu kenapa realisasinya rendah. Kita sama-sama tahu kalau mengurus perumahan tidak seperti bangun proyek infrastruktur," ungkap Eko.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif