Pencari rumah lirik wilayah di luar Jabodetabek. Ilustrasi: Shutterstock
Pencari rumah lirik wilayah di luar Jabodetabek. Ilustrasi: Shutterstock

Pencarian Rumah Bergeser selama Pandemi, Luar Jabodetabek Jadi Incaran

Properti kpr rumah tapak hunian dp 0% PPN rumah Rumah DP 0% Rumah bebas PPN
Rizkie Fauzian • 16 Maret 2021 15:21
Jakarta: Kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang diterapkan perusahaan, memengaruhi pemilihan hunian para pencari rumah.
 
Hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1-2021 mencatat bahwa 53 persen responden mengaku berpikir untuk mencari hunian di luar wilayah Jabodetabek.
 
"Jika bisa terus menjalani sistem kerja WFH atau remote working pencari rumah terpikir untuk mencari hunian di luar Jabodetabek," kata Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam press conference virtual, Selasa, 16 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun wilayah-wilayah yang akan dipertimbangkan jika para pencari rumah bisa tinggal di luar Jabodetabek adalah Jawa Barat dinyatakan oleh 42 persen responden, Yogyakarta dinyatakan oleh 27 persen responden.
 
Selanjutnya, Jawa Tengah dinyatakan oleh 19 persen responden, Bali dinyatakan oleh 17 persen responden, Jawa Timur dinyatakan oleh 15 persen responden dan Banten dinyatakan oleh 10 persen responden.
 
"Temuan lain menunjukkan bahwa selama pandemi mereka menjadi memikirkan untuk memiliki rumah," jelas Marine.
 
Sementara 26 persen responden menyatakan mereka ingin merenovasi atau menggunakan kembali ruangan yang ada di rumahnya, dan 12 persen responden menjadi memikirkan untuk pindah dari lokasi mereka saat ini. 
 
"53 persen responden berencana untuk membeli hunian tahun ini atau dalam 1-2 tahun ke depan," ungkapnya.
 
Menurutnya, pandemi covid-19 juga telah memengaruhi bagaimana pencari rumah mendapatkan informasi tentang hunian yang akan dibeli. Sebagian besar responden lebih banyak menggunakan media sosial dan portal properti untuk mencari informasi properti yang diincar.
 
Sebanyak 77 persen responden menggunakan platform media sosial, 42 persen responden melalui portal properti daring, 37 persen responden melalui blog atau artikel daring dan 23 persen responden memanfaatkan tur virtual maupun video.
 
Marine menyimpulkan bahwa hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021 menunjukkan bahwa konsumen bukannya tidak tertarik dengan properti, apalagi hunian merupakan kebutuhan. 
 
"Hanya saja ada beberapa pergeseran sikap yang harus dijawab oleh pelaku industri," ujar Marine.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif