Jalan tol Kayu Agung-Palembang. Foto: Kementerian PUPR
Jalan tol Kayu Agung-Palembang. Foto: Kementerian PUPR

Pembangunan Jalan Tol Picu Perkembangan Perumahan

Rizkie Fauzian • 16 Juni 2021 18:12
Jakarta: Pemerintah tengah gencar membangun infrastruktur, salah satunya jalan tol. Tahun ini, ada 14 ruas tol yang ditargetkan selesai dibangun termasuk di antaranya Trans Sumatra dan Jabodetabek.
 
Head of Advisory Services Colliers Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan, pembangunan jalan tol seharusnya bisa memicu perkembangan properti terutama industri dan perumahan (yang kemudian didukung oleh perkembangan komersial). 
 
"Oleh karena itu, pembukaan tol Trans Sumatera diproyeksikan juga akan memicu pertumbuhan pembangunan properti di sepanjang ruas tersebut," katanya dalam laporan, dikutip Rabu, 16 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tol Trans Sumatera akan menghubungkan delapan provinsi di Pulau Sumatra, mulai dari Aceh di utara hingga Lampung di selatan (jalan tol utama dan jalan tol pendukung). 
 
"Jalan tol juga harus memudahkan akses ke properti, serta tujuan wisata yang unik dan beragam di seluruh pulau. Oleh karena itu, sektor pariwisata dan perhotelan juga akan tumbuh sejalan dengan beroperasinya jalan tol ini," jelasnya.
 
Selanjutnya, pertumbuhan sektor industri dan perhotelan akan menjadi daya tarik bagi pengembangan perumahan, komersial dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk fasilitas pendidikan serta kesehatan.
 
"Dengan selesainya pembangunan tersebut, diharapkan perputaran ekonomi akan lebih cepat dan besar, terutama terkait ekspor dan impor serta nilai investasi kawasan industri yang besar," ungkap Monica.
 
Untuk sektor pariwisata diharapkan terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pengunjung, sedangkan di sektor perumahan diharapkan kebutuhan akan semakin terpenuhi, dan angka transaksi menjadi positif.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif