Belasan Fakta Tol Laut Terpanjang Dunia
Kurva badan jembatan menyerupai liukan ular putih. Ular Putih adalah legenda asal Tiongkok yang sempat populer di Indonesia sebagai sinetron. APF Photo/Anthony Wallace
Macau:Hong Kong - Macau - Zhuhai yang sebelumnya dipisahkan perairan teluk, kini dihubungkan dengan sebuah jembatan tol. Bukan sembarang jembatan, melainkan terpanjang di dunia dengan panjang total 55 kilometer dan sebagiannya berupa terowongan bawah laut.

Bila dihitung sejak perencanaan, jembatan atas laut yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Xi Jinping, Selasa (23/10/2018), ini memakan waktu pengerjaan 14 tahun. Pembangunan kontruksi saja, dikerjakan selama sembilan tahun.


Selain biaya pengerjaannya mencapai lebih dari Rp 200 triliun, masih ada banyak fakta lain tidak kalah mengejutkan dari mega-project yang menjadi kontroversi dan isu politik ini. Di antaranya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber adalah;


Pulau buatan menjadi akses masuk ke terowongan bawah laut. AFP Photo/Anthony Wallace

Struktur Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge (HZMB) ini diklaim lebih kuat 20 kali dibandung Golden Gate Bridge, jembatan gantung dengan struktur baja nan ikonik yang menghubungkan San Francisco dengan Tanjung Marin, Amerika Serikat.

Gelar jembatan terpanjang dunia sebelumnya milik Jiaozhou Bay Bridge yang membentang 45 kilometer. Artinya kini Tiongkok punya dua jembatan terpanjang dunia.

Wilayah selatan Tiongkok setiap tahunnya dilanda topan dan badai. Hebatnya HZMB terbukti  mampu bertahan dari Topan Mangkhut yang anginnya bertiup hingga kecepatan 211 meter per jam.

Berapa di zona ring of fire, membuat kawasan teluk ini rawan gempa. Sebagai antisipasinya, kontruksi jembatan dibangun mampu mengakomodir getaran gempa.

Usia pakainya mencapai 120 tahun sejak selesainya pembangunan.


Pembangunannya membutuhkan 420 ribu ton baja. Baja sebanyak ini bisa membangun 60 buah Menara Eiffel baru.

Desain jembatan tersebut terinspirasi dari simpul khas Tiongkok, lumba-lumba putih dan tiang kapal.


Bagian dalam terowongan bawah laut di dasar Greater Bay. Terowongan dibangun dari tabung beton raksasa yang diklaim diracang sedemikian rupa agar telah fleksibel mengantisipasi gempa yang mungkin terjadi. AFP Photo/Anthony Wallace

Bila dilihat dari jauh, desain kurva badan jembatan menyerupai ular putih yang meliuk. Ular Putih adalah legenda di Tiongkok yang sarat pesan kemanusian dan sempat populer di Indonesia sebagai sinetron.

Terowongan bawah laut sepanjang 6,7 kilometer harus dibangun agar bentang jembatan tidak mengganggu jalur pelayaran Greater Bay yang setiap hari dilalui 4 ribuan kapal dan merupakan salah satu tersibuk dunia.

Konstruksi dimulai pada 2009 dan direncanakan selesai pada 2016, namun ditunda karena masalah anggaran dan keselamatan.

Selama pekerjaan berlangsung sembilan pekerja tewas dan lebih dari 200 orang terluka.
Sembilan belas pekerja diseret di meja hijau akibat memalsukan laporan hasil uji beton.

Stabilitas jembatan sempat dipertanyakan setelah muncul foto balok beton pemecah gelombang yang hanyut terseret arus teluk.  


Dereten kaki-kaki kokoh jembatan. Perlu perawatan dan pengawasan intensif untuk memastikannya aman dari dampak tertabrak kapal-kapal yang hanyut terbawa ombak saat terjadi badai. AFP Photo/Anthony Wallace

Kelompok pecinta lingkungan hidup mencemaskan musnahnya populasi lumba-lumba putih yang merupakan hewan endemik Pearl River dan Laut Cina Selatan. Pembangunan jembatan merusak habitat satwa langka yang populasinya terus menurun itu.

Lama perjalanan dari Hong Kong ke Zhuhai yang sebelumnya hampir tiga jam (lewat laut), kini tidak lebih dari satu jam berkat adanya HZMB.

Setiap 10 menit diperkirakan sekitar 40 ribu kendaraan bermotor melalui HZMB.

Lajur jembatan memungkinkan kendaraan beralih ke sisi jalan yang sesuai. Peraturan lalu lintas di Hong Kong dan Macau sama persis dengan Indonesia, yaitu kendaraan berjalan di sisi kiri. Tapi sebaliknya di Zhuhai dan wilayah lain Tiongkok daratan.

Tarif tol perjalanan pergi-pulang sebesar USD 8 bagi warga menggunakan shuttle bus dan mulai USD 10 untuk kendaraan pribadi.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id