Ilustrasi kawasan padat penduduk di Jakarta. Foto: MI
Ilustrasi kawasan padat penduduk di Jakarta. Foto: MI

Penurunan Muka Tanah Paling Parah, Amankah Beli Properti di Pluit?

Rizkie Fauzian • 08 Oktober 2021 14:39
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut kawasan Pluit, Jakarta Utara sebagai wilayah dengan penurunan muka tanah paling parah.
 
Isu Jakarta tenggelam memang sudah lama dibahas, bahkan dalam beberapa kajian disebutkan penurunan muka tanah mencapai 10 hingga 12 cm. Lantas masih amankah membeli properti di wilayah tersebut?
 
Head of Advisory Services Colliers Indonesia Monica Koesnovagirl mengatakan, perurunan muka tanah di Utara sudah lama terjadi, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat membeli hunian di wilayah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aman atau tidak aman bisa dilakukan dengan teknologi. Saat ini pembangunan hunian di Pluit dilakukan dengan teknologi yang baik sehingga aman," katanya dalam paparan, dikutip Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Hal tersebut, menurut Monika menjadi alasan harga hunian di wilayah Utara lebih mahal karena pembangunannya menggunakan teknologi.
 
"Perumahan di wilayah Utara harganya lebih mahal karena mereka untuk mengatasi (penurunan muka tanah) menggunakan teknologi sehingga membuat harga properti lebih mahal," jelasnya.
 
Meski demikian, pencari hunian di Utara masih tetap ada. Alasannya karena keluarga atau komunitas yang berada di wilayah tersebut sehingga lebih mudah dijangkau.
 
"Ada beberapa orang yang tetap ingin tinggal di sana karena mungkin dekat dengan keluarga, dekat komunitas jadi penurunan tanah ini tak berpengaruh," ungkap Monica.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif