BP Tapera gandeng 38 bank penyalur. Foto: Shutterstock
BP Tapera gandeng 38 bank penyalur. Foto: Shutterstock

Salurkan KPR FLPP, BP Tapera Tawarkan Pembiayaan Syariah

Rizkie Fauzian • 08 Januari 2022 15:21
Jakarta: Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menjadi solusi penyediaan dana murah jangka panjang dalam pembiayaan perumahan yang layak sekaligus terjangkau bagi masyarakat Indonesia.
 
Baca juga: BP Tapera Teken Perjanjian dengan 38 Bank Penyalur FLPP, Ini Daftarnya
 
Tak hanya menjalankan program secara berkelanjutan, BP Tapera juga akan menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp23 triliun dengan menggandeng 38 bank pelaksana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Nabung Setahun Bisa Beli Rumah, Ini Syarat Jadi Peserta Tapera
 
Terkait pengelolaannya, BP Tapera juga memiliki prinsip pengelolaan berbasis syariah yang dapat diakses melalui portal kepesertaan di sitara.tapera.go.id. 
 
Melalui website tersebut, peserta juga dapat memilih minat pembiayaan KPR/KBR/KRR dengan prinsip syariah, yang terdiri atas.
 
1. Akad Murabahah, perjanjian jual beli antara Tapera dengan peserta dengan cara Tapera akan membeli rumah sesuai dengan keinginan dan kemampuan peserta, ditambah margin dan keuntungan yang disepakati, khusus KPR.
 
2. Akad Musyarakah Mutanaqisah, perjanjian di mana peserta menyepakati pembayaran angsuran dari total biaya rumah yang mampu dibayarkan oleh peserta, khusus KPR.
 
3. Akad Ijarah Muntahiyah Bi Altamlik, perjanjian pembelian rumah melalui sewa beli sehingga Tapera membeli rumahnya terlebih dahulu lalu disewakan kepada peserta hingga lunas dan menjadi hak milik peserta, khusus KPR.
 
4. Akad Istishna, adalah akad jual beli dalam bentuk renovasi rumah dengan kriteria dan kesepakatan bersama, khusus KRR.
 
Mengusung asas Gotong Royong, dana Tapera dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk mendapatkan pembiayaan perumahan atau dikembalikan sebagai tabungan saat pensiun kelak. 
 
Maka dari itu, BP Tapera tidak sekadar menjadi solusi penyediaan dana murah, melainkan turut menyediakan manfaat tabungan hari tua. 
 
Dana peserta yang dihimpun dikelola secara profesional, optimal dan dengan prinsip kehati-hatian oleh 7 Manajer Investasi (KIK) untuk kemudian dikembalikan kepada peserta, beserta hasil pemupukannya ketika kepesertaan berakhir.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif