Warna cat di kamar anak yang baik untuk pertumbuhan. Foto: Shutterstock
Warna cat di kamar anak yang baik untuk pertumbuhan. Foto: Shutterstock

7 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Anak

Properti rumah Tips Properti feng shui kamar anak tips rumah
Rizkie Fauzian • 10 Januari 2021 13:11
Jakarta: Banyak faktor pendukung tumbuh kembang anak, salah satunya pemilihan warna yang tepat di kamar. Untuk itu, Anda tak bisa sembarangan memilih warna cat.
 
Warna berperan dalam menciptakan suasana hati anak dan mempengaruhi pertumbuhan. Ada tujuh warna yang baik untuk diaplikasikan di kamar anak, dikutip Homify.

1. Biru dan kuning

Penggunaan warna cerah diyakini dapat mendorong suasana hati anak menjadi lebih bahagia. Kombinasi warna kuning dan biru memiliki peran masing-masing terhadap anak.
 
Warna kuning, terutama yang lembut, dapat meningkatkan konsentrasi. Sementara, biru lebih cocok untuk anak laki-laki. Namun, perpaduan antara kuning dan biru akan lebih baik untuk menciptakan lingkungan yang netral terhadap gender.

2. Putih dan biru laut

Putih adalah warna netral dan dapat dengan mudah disandingkan dengan warna lain. Biasanya, warna yang identik dengan kesucian itu menjadi cat dasar.
 
Para desainer juga menyarankan untuk memadukan warna biru laut. Warna-warna ini diyakini lebih menenangkan dan dapat bekerja dengan baik di kamar anak perempuan atau laki-laki remaja.

3. Warna Netral

Ciptakan ruang netral untuk anak Anda dengan warna-warna alami seperti cokelat, putih, abu-abu, dan percikan warna-warna cerah melalui seprai atau linen.

4. Merah muda

Merah muda sangat identik dengan anak perempuan. Penggunaan warna ini mampu menenangkan hati.

5. Biru

Seperti disebutkan sebelumnya, biru adalah salah satu dari banyak warna yang menenangkan. Seperti halnya merah muda, biru tidak hanya terbatas untuk kamar anak laki-laki.
 
Warna biru disebut mampu menurunkan detak jantung dan menenangkan. Bahkan secara ilmiah sangat baik bagi anak-anak yang hiperaktif dan mudah marah.

6. Hijau

Ilmu pengetahuan telah membuktikan hijau sebagai warna yang sangat baik untuk anak-anak. Terutama membantu kemampuan membaca dan mengurangi perasaan cemas.

7. Merah

Meski bukan skema warna yang populer untuk kamar anak-anak karena cenderung membangkitkan perilaku agresif, kemarahan, dan hiperaktif, bagi yang tetap ingin menggunakan warna merah bisa mencampurnya dengan aksen merah.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif