Ilustrasi The Vienna Philharmonic Orchestra. Foto: AFP
Ilustrasi The Vienna Philharmonic Orchestra. Foto: AFP

Turki Bangun Gedung Konser Orkestra yang Megah

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 16 Oktober 2020 17:07
Ankara: Sebuah gedung konser canggih nan megah bakal dibuka di ibu kota Turki, Ankara. Gedung tersebut akan menjadi pusat budaya baru bagi pecinta musik dan seni rupa.
 
Peluncuran gedung pusat budaya dan musik yang sangat ditunggu-tunggu ini akan dimulai dengan acara gala akbar pada 29 dan 30 Oktober, bertepatan dengan Hari Republik Turki -hari perayaan nasional.
 
Gedung konser tersebut terletak di jantung kota Ankara, antara Benteng Ankara dan monumen bersejarah, An?tkabir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Situs mutakhir ini dibuat dengan biaya sekitar 83 juta euro dan sekarang akan dikenang dengan nama Orkestra Simfoni Kepresidenan yang bergengsi, salah satu orkestra tertua di dunia.
 
Gedung Orkestra Simfoni Kepresidenan akan mendatangkan artis dan musisi papan atas. Gedung baru itu akan menyambut sopran terkenal di dunia, Angela Gheorghiu dan salah satu duo piano paling terkenal di dunia, saudara kembar Güher dan Süher Pekinel.
 
Simfoni akan dipimpin oleh Cemi Can Deliorman yang sangat terkenal, salah satu konduktor paling dicari oleh generasi muda.
 
Pusat budaya dan musik ini akan menjadi tuan rumah musik live spektakuler di 'Great Hall', yang memiliki lebih dari 2.000 kursi, 'Blue Hall' dengan 500 kursi, dan 'Historical CSO Hall' dengan 600 kursi.
 
Tempat ini juga akan menjadi rumah bagi sejumlah restoran, museum, dan area terbuka sehingga akan menjadi tempat pertemuan yang sempurna untuk pecinta seni dan musik.
 
Menghormati tradisi dan budaya sambil menatap masa depan
 
Orkestra Simfoni Kepresidenan adalah salah satu orkestra pertama di dunia dan masih menjadi salah satu yang terbaik.
 
Tenggelam dalam sejarah, orkestra andalan Turki itu didirikan hampir 200 tahun lalu pada 1826 dan telah beroperasi dengan beberapa talenta musik terkemuka dunia.
 
Direktur artistik dan konduktor Orkestra Simfoni Presiden, Cemi Can Deliorman mengatakan gedung itu luar biasa, dengan akustik yang luar biasa.
 
"Di rumah baru kami, Orkestra Simfoni Kepresidenan dapat bersaing dengan orkestra terkemuka dunia dan kami menantikan banyak pertunjukan luar biasa di sini," ungkapnya.
 
Dunia belum pernah melihat gedung orkestra kontemporer dibuka sejak pembukaan Hamburg Elbphilharmonie pada 2017, sehingga peluncuran gedung konser ini sangat dinantikan.
 
Bangunan mutakhir dengan fokus pada budaya dan komunitas, akan menjadi aset bagi dunia musik global.
 
Arsitektur unik bangunan ini kontemporer, namun klasik. Desainnya yang mencolok, dengan dua kubah kaca yang mencolok di antara atrium kaca modern, dirancang agar terlihat segar dan menarik untuk tahun-tahun mendatang.
 
Dibangun dengan indah dan sesuai fungsi, akustik bangunan dirancang oleh pemimpin akustik dunia, Profesor W. Fasold dan Institut Fraunhofer untuk Fisika Bangunan.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif