Ilustrasi rumah yang dibangun Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR
Ilustrasi rumah yang dibangun Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR

Bank Nagari Bakal Salurkan KPR Subsidi untuk 1.800 Rumah

Antara • 08 Maret 2022 20:59
Padang: Bank Nagari telah menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi sejak pertengahan Januari dan hingga akhir Februari 2022 tercatat telah terealisasi sebanyak 143 unit.
 
"Realisasi sampai 28 Februari 2022 sebanyak 143 unit dimana untuk Konvensional sebanyak 112 unit dan untuk Syariah sebanyak 31 unit," kata Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra, Selasa, 8 Maret 2022.
 
Ia mengatakan tahun ini, Bank Nagari memiliki kuota KPR Subsidi sebanyak 1.800 unit, terbagi untuk Konvensional 1.500 unit dan 300 unit untuk Syariah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gusti menyebutkan suku bunga untuk KPR Subsidi ini adalah 5 persen per tahun dengan sistem anuitas bulanan.
 
Lebih lanjut, ia mengemukakan terdapat perubahan dalam penyaluran KPR Subsidi pada tahun ini, dimana penyaluran untuk rumah subsidi berdasarkan segmentasi.
 
Untuk skema KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) khusus untuk masyarakat dengan penghasilan tetap (Fixed Income) yang belum menjadi peserta Tapera.
 
Sedangkan untuk masyarakat tanpa penghasilan tetap (Non Fixed Income) disalurkan dengan Skim Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).
 
"Khusus untuk Non Fix Income kami sudah mengajukan surat minat dan saat ini sedang menunggu jawaban dari Satker BP2BT," ujarnya.
 
Ia mengatakan penyaluran KPR untuk Non Fix Income, sementara waktu diakomodir dengan Skim KPR MG (Multi Guna) dengan uang muka minimal 5 persen sampai disetujuinya penyaluran dengan Skim KPR BP2BT.
 
Gusti menambahkan, sejauh ini masyarakat sangat antusias terhadap penyaluran KPR FLPP yang disalurkan oleh Bank Nagari.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif