Setiap rumah subsidi wajib memenuhi ketentuan teknis bangunan dan kelayakan. Foto: Kementerian PUPR
Setiap rumah subsidi wajib memenuhi ketentuan teknis bangunan dan kelayakan. Foto: Kementerian PUPR

Menteri PUPR: Setiap Rumah Subsidi Wajib Penuhi Kelayakan Bangunan

Properti Program Sejuta Rumah Tapera Kementerian PUPR Rumah Subsidi FLPP Perumahan bersubsidi Pembiayaan rumah Rumah murah
Rizkie Fauzian • 07 Januari 2022 15:11
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah layak huni dan terjangkau melalui bantuan pembiayaan perumahan.
 
Salah satunya melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).
 
Pada 2022, penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) program FLPP bekerjasama dengan 38 bank pelaksana yang terdiri dari tujuh bank nasional dan 31 Bank Pembangunan Daerah (BPD). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyaluran KPR subsidi FLPP bagi MBR tidak hanya diukur dari besarnya kredit yang tersalurkan, melainkan juga harus dilihat kualitas rumah subsidi yang dibangun pengembang, sehingga keluhan konsumen bisa diatasi dengan baik.
 
"Setiap rumah subsidi yang dibangun wajib memenuhi ketentuan teknis bangunan dan kelayakan hunian seperti keselamatan, kesehatan, pencahayaan dan luas minimum,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan bahwa perjanjian kerjasama ini akan menjadi pedoman dan landasan sinergi antara BP Tapera dengan bank penyalur dalam operasional penyaluran dana FLPP. 
 
Kerjasama ini meliputi penyaluran dan pengembalian dana FLPP melalui KPR Sejahtera secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel serta memberi manfaat bagi MBR hingga pelaporan penyalurannya.
 
"Untuk itu, dalam penyaluran dana FLPP tahun ini, kami menginginkan komitmen Bank Penyalur FLPP dengan kewajiban untuk menyampaikan secara rinci rencana realisasi bulanan hingga akhir tahun berjalan yang akan dievaluasi secara periodik," ujarnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif