Tantangan dalam pembelian properti. Foto: Shutterstock
Tantangan dalam pembelian properti. Foto: Shutterstock

Masyarakat Berpenghasilan Tak Tetap Bisa Cicil Rumah, Begini Caranya

Rizkie Fauzian • 19 Mei 2022 12:47
Jakarta: Memiliki tempat tinggal sendiri menjadi keinginan setiap orang. Namun, ada beberapa hal yang biasanya menjadi tantangan para pencari tempat tinggal, salah satunya lokasi dan harga.
 
"Biasanya kalau lokasinya sudah cocok, sudah cozy, dekat akses transportasi, harga biasanya jadi nomor dua. Tapi kalau lokasinya sudah bagus, harganya juga udah tinggi," kata Head of Agent Account Management Pinhome Verlita Panca Satria dalam webinar, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Dalam Workshop Pinhome bertajuk “Yuk, Mulai Berinvestasi Properti! Mengenal Serba-serbi Properti”, Panca menjelaskan setidaknya ada empat tantangan dalam membeli rumah yakni pekerjaan tetap dan pendapatan tetap, lokasi, gaya hidup, dan mindset.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya gaya hidup. Pendapatan banyak difungsikan untuk memenuhi gaya hidup dibanding menabung. Namun, kaum milenial saat ini memiliki mindset yang berbeda terutama yang sudah bekerja.
 
"Karena properti dalam satu tahun, kenaikan gaji kita maksimal adalah dua kali.  Sedangkan investasi properti atau kita mau investasi rumah, tahun depan harganya pasti sudah 10 persen atau 15 persen dibanding tahun lalu. Sedangkan gaji kita, berapa sih naiknya setiap tahun? Jadi harus nabung. Karena instrument investasi paling aman adalah properti,” jelas Panca.
 
Untuk mengatasi tantangan tersebut, Pinhome selaku e-commerce properti dan gaya hidup mengembangkan program #CicilDiPinhome,  sebuah alternatif skema pembelian rumah yang bertujuan untuk membantu konsumen membeli rumah dengan cara dicicil selama 1-20 tahun yang tidak diperlukan komitmen untuk menghuni. 
 
Project Manager Pinhome Aliananda Lubis menjelaskan, bahwa program ini hadir untuk mengatasi persoalan pembelian rumah dengan cara KPR yang seringkali menghambat calon konsumen untuk memiliki rumah yang terjangkau dan mudah.
 
"Program Cicil di Pinhome ini didukung dengan proses anti ribet dan fleksibel. Kami mau konsumen untuk pembelian rumah kami bikin se-simple mungkin dan mudah. Pertama,
konsumen menentukan rumah idaman yang ingin dimilikinya. Nah, listing-nya tersedia di website dan aplikasi Pinhome,” kata Aliananda.
 
Menurutnya, setelah konsumen menentukan rumah yang ingin dibeli, rumah di listing Pinhome sudah terkurasi dengan baik. Jadi sudah pasti legalitas, kondisi, dan lokasi sudah terjamin oleh Pinhome. 
 
Khususnya di program ini, rumah-rumah ini adalah rumah-rumah yang dimiliki oleh Pinhome.  Jika konsumen sudah pasti ingin membeli rumah, konsumen bisa menghubungi tim sales kami untuk bertanya lebih lanjut. Setelah itu, konsumen bisa mengirimkan dokumen
persyaratan seperti KTP, NPWP, bukti penghasilan, serta membayar booking fee," jelasnya.
 
Nantinya proses ini akan dibantu juga melalui aplikasi oleh agen. Setelah booking fee, nanti akan diberikana jangka waktu kepada konsumen untuk membayar first payment, bentuknya sama seperti uang muka.
 
“Setelah konsumen sudah membayar first payment, kami akan bantu jadwalkan penandatanganan program cicilan, lalu rumah bisa ditempati dan konsumen akan membayar cicilan setiap bulan sampai lunas,” ujar Aliananda
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif