BTN fasilitasi KPR untuk pegawai honorer. Ilustrasi: Shutterstock
BTN fasilitasi KPR untuk pegawai honorer. Ilustrasi: Shutterstock

Gandeng BTN, Kementerian PUPR Bantu Pegawai Honorer Miliki Rumah

Properti Perumahan BTN Kementerian PUPR Perumahan bersubsidi KPR subsidi
Rizkie Fauzian • 28 April 2022 14:53
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) untuk memfasilitasi para pegawai honorer yang bekerja di instansi pemerintah tersebut untuk memiliki rumah bersubsidi. 
 
Adanya rumah bersubsidi tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja para pegawai honorer serta mendorong agar mereka memiliki rumah yang layak huni untuk keluarganya. 
 
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan bahwa pihaknya bersama BTN ingin membantu para pegawai honorer yang bekerja di Direktorat Jenderal Perumahan untuk memiliki rumah bersubsidi pemerintah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika mereka telah memiliki rumah setidaknya mereka bisa lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan ketenangan bagi keluarga karena sudah memiliki rumah sendiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 April 2022.
 
Iwan menjelaskan, pihaknya melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan telah melaksanakan sosialisasi kepemilikan rumah melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi untuk para pegawai honorer. 
 
“Untuk tahap awal kami memang baru mensosialisasikan kepada pegawai honorer yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan. Tapi apabila nanti jumlah pegawai honorer yang berminat semakin banyak akan kami sosialisasikan lebih masif sehingga lebih banyak yang bisa memiliki rumah bersubsidi," jelasnya.
 
Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh Kepala dan para pegawai honorer yang bertugas di pusat maupun Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P). Dari hasil sosialisasi diperoleh data bahwa ada sebanyak 1.077 pegawai yang menyatakan minat untuk memiliki rumah bersubsidi. 
 
"Minat pegawai yang ingin memiliki rumah bersubsidi ada 1.077 orang. Hingga saat ini setelah dilaksanakan verifikasi dan mengisi kelengkapan data untuk KPR bersubsidi ada 264 orang dan tiga diantaranya hari ini siap untuk melakukan akad kredit di BTN. Kami harap setelah lebaran akan lebih banyak pegawai yang melaksanakan akad kredit dan melengkapi dokumen KPR," tandasnya.
 
Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar menambahkan, pihaknya siap mendukung Kementerian PUPR untuk membantu para pegawai baik honorer maupun PNS memiliki rumah yang layak dengan angsuran yang terjangkau. Selain itu, BTN juga siap mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mewujudkan hunian layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Saat ini kami memiliki Program Lebaran di Rumah Baru yang bisa dimanfaatkan oleh para pegawai di Kementerian PUPR. Kami akan memberikan kemudahan dalam proses dan diskon untuk biaya administrasi dan provisi KPR sebesar 90 persen sehingga bisa mempercepat akad kredit rumah bersubsidi," katanya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif