Rusun Samawa Diluncurkan, Jalur Jak Lingko Dibuka
Gubernur Anies Baswedan saat meresmikan peluncuran proyek rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018). Pemesanan unitnya mulai dibuka 1 Novemver 2018. Antara Foto/Rivan Awal Lingga
Jakarta: Sesuai peruntukannya bagi masyarakat berpenghasilan rendah, rusunami Klapa Village tidak dilengkapi areal parkir kendaraan bermotor yang luas. Lahan yang ada dimaksimalkan untuk fasilitas umum dan sosial bagi penghuninya.

Kondisinya kurang lebih sama seperti rumah susun dan apartemen bersubsidi lainnya. Hanya proyek pertama hunian program DP 0 Rupiah itu berada di perbatasan antara DKI Jakarta dengan Jawa Barat yang belum banyak pilihan jalur angkutan umum yang melaluinya.


Maka bersamaan dengan pembangunannya, akan dibuka jalur baru angkutan umum yang melaluinya. Ini agar penghuni rusunami tidak lantas membeli kendaraan pribadi yang akhirnya malah menimbulkan masalah baru untuk perparkirannya.

Terhadap masalah tersebut, Pemprov DKI Jakarta menjanjikan untuk membuka jalur angkutan umum baru. Pembukaan dan sosialisasinya bersamaan dengan pekerjaan pembangunan rusun yang berada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, tersebut.

"Kita akan mengatur agar jaringan Jak Lingko bisa menjangkau wilayah di sini," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan peluncuran rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018).

Jak Lingko adalah nama baru baru bagi OK Otrip, program integrasi angkutan umum Jakarta. Kata 'lingko' adalah kosa kata dalam bahasa Flores, NTT, yang merupakan istilah untuk jaringan irigasi persawahan warga. Jaringan seperti itulah yang Gubernur Anies ingin terapkan untuk transportasi di Jakarta.

Sedangkan nama baru program hunian DP 0 Rupiah adalah Samawa yang merupakan akronim dari solusi rumah warga. "Samawa ini terminologi yang ketika kita dengar langsung tahu maknanya. Maknanya adalah sebuah tempat yang di sana ada kedamaian, cinta kasih, ketenangan dan kebahagiaan," papar Anies.

Persayaratan

Anda tertarik memiliki unit Samawa dengan fasilitas Jak Lingko tersebut? Pemesanan unitnya baru akan dibuka 1 November mendatang.

Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan sebanyak itu demi memastikan program hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah itu malah dikuasasi juragan kontrakan.

Rusunami ini hanya dijual kepada warga DKI Jakarta. Syarat ini harus dibuktikan dengan KTP sah yang membuktikan pemiliknya selama lima tahun terakhir berrtempat tinggal di wilayah DKI Jakarta. Jangan lupa lampirkan dokumen Kartu Keluarga dan Surat Nikah untuk menguatkannya.

Selain itu ada batas penghasilan rutin bulanan. Tidak kurang dari Rp 4 juta dan tidak lebih dari Rp 7 juta. Selain itu wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), belum pernah menerima fasilitas KPR bersubsidi dan memiliki rekening tabungan di Bank DKI.

Rusunami Klapa Village ini dibangun 21 lantai dengan total 780 unit hunian dan ditargetkan rampung Juli 2019 mendatang. Unit hunian tersedia dalam tipe 21 (studio), tipe 24 (satu kamar tidur) dan 36 (dua kamar tidur). Harga per unitnya mulai Rp 184 juta hingga Rp 310 juta.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id