Kondisi Gereja Carmelites usai restorasi pada 7 Desember 2018. Sejumlah masjid dan monomen bersejarah yang terabaikan di Mediterania juga direstorasi dalam proyek UNDP bersama Uni Eropa. AFP Photo/Christina Assi
Kondisi Gereja Carmelites usai restorasi pada 7 Desember 2018. Sejumlah masjid dan monomen bersejarah yang terabaikan di Mediterania juga direstorasi dalam proyek UNDP bersama Uni Eropa. AFP Photo/Christina Assi

Carmelite, Gereja 'Korban' Pertikaian Yunani vs Turki

Properti gereja turki yunani natal
Rizkie Fauzian • 29 Desember 2018 10:10
Famagusta: Berada di kawasan perbatasan dua negara yang sedang bertikai, membuat gereja ini nyaris 'lenyap' tak bersisa. Gereja St Mary of the Carmelites merupakan biara yang dibangun pada abad ke-14 di Famagusta, Siprus.
 
Pada zamannya gereja Carmelite ini merupakan situs ziara penting bagi umat Nasrani di Afrika Utara. Di sana dimakamkan Peter Thomas, seorang Patriark Konstantinopel yang meninggal pada 1366.

Perang Salib & Gereja Carmelite


Gereja ini dibangun umat Nasrani yang mengungsi dari Perang Salib di Timur Tengah. Pengungsian panjang mereka berakhir di Siprus yang mayoritas warganya juga memeluk Nasrani namun berbeda sekte, yaitu Ortodoks atau Kristen Latin.
 
Famugusta dipilih sebagai tempat tinggal barunya. Wajar di sana ada banyak gereja dari berbagai sekte dalam Kristen seperti Nestoria, Yakub dari Armenia dan Kamelit dari Carmel di Suriah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski bentuknya sudah tidak utuh, namun struktur bangunan gereja ini masih bertahan. Pada bagian fasad terlihat jika bangunan gereja memiliki banyak jendela berbentuk panjang. Gereja yang juga biara ini memiliki nave-tempat berkumpulnya jemaat. Nave berasal dari bahasa Latin yang berarti kapal.
 
Carmelite, Gereja 'Korban' Pertikaian Yunani vs Turki
whatson-northcyprus.com
 
Bentuk pintu dengan hiasan serta tracery biasanya digunakan pada bangunan atau arsitektur khas gotik. Masih terlihat sisa-sisa pahatan di atas pintu masuk. Meski beberapa pahatan terlihat, namun beberapa tracery-hiasan berukir pada jendela hilang.
 
Terdapat tiga apse, reses berkubah yang biasanya berisi altar. Di sisi lain terdapat dua kapel kecil. Dinding gereja dihias lukisan-lukisan dan beberapa di antaranya masih terlihat.

Restorasi gereja yang menyatukan warga


Carmelite, Gereja 'Korban' Pertikaian Yunani vs Turki
AFP Photo/Christina Assi
 
Sebuah tim beranggotakan 12 orang ditunjuk untuk mengawasi proyek konservasi yang berlangsung sejak 2008. Di dalam pelaksanaan proyek yang disponsori Uni Eropa bersama United Nations Development Program (UNDP) ini, warga wilayah perbatasan Siprus Turki dan Siprus Yunani secara sukarela melibatkan diri.
 
Meski hubungan diplomatik antar negara sedang tegang, tapi warganya justru saling akur. Mereka berkumpul memulihkan warisan budayanya sambil memperbaiki hubungan komunitas. Fenomena ini juga terlihat dalam proyek restorasi masjid dan monumen bersejarah di Mediterania yang rusak dan terabaikan akibat sengketa politik.
 
Gereja warisan kuno tersebut akhirnya dipulihkan. "Kami bekerja bersama mengembalikan sejarah kami. Kami membawa harapan baru untuk masa depan yang lebih baik di pulau ini," ungkap Turkish Cypriot, Ali Tuncay, sebagaimana dilansir AFP.
 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif