Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Foto: Cagarbudaya.kemdikbud
Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Foto: Cagarbudaya.kemdikbud

Populer Properti, Bangunan Bergaya Kolonial hingga Ribuan Rumah di Kalbar Diperbaiki

Rizkie Fauzian • 17 Agustus 2022 10:15
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Salah satunya bangunan bergaya kolonial hingga ribuan rumah tak layak huni di Kalbar diperbaiki.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Selasa, 16 Agustus 2022:

1. 4 Bangunan Bergaya Kolonial yang Jadi Saksi Kemerdekaan

Dalam rangka merayakan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), tidak ada salahnya jika Anda bersama Keluarga mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Bangunan-bangunan tersebut memiliki gaya arsitektur khas kolonial.
 
Arsitektur kolonial merupakan arsitektur yang memadukan antara budaya Barat dan Timur. Dahulu kala, bangunan-bangunan tersebut dibangun arsitek untuk bangsa Belanda yang tinggal di Indonesia, pada masa sebelum kemerdekaan.
 
Bangunan-bangunan ini banyak ditemukan di wilayah Jawa dan Sumatra. Saat itu, kedua wilayah ini dianggap penting karena memiliki perekonomian yang baik pada masa penjajahan Belanda. 
 
Baca selengkapnya di sini

2. Mahasiswa ITB Buat Desain Hunian yang Terinspirasi Sarang Burung

Dua mahasiswa ITB jurusan Desain Interior memenangkan kompetisi desain tahunan Bharatika diadakan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya untuk berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah desain interior. 
 
Karina Alif Sajida dan Luthfiah Ayu Carissa menempati posisi Bronze Winner dalam perhelatan Bharatika Creative Design Festival tahun 2022.  Dalam kompetisi tersebut, Karina dan Carissa berfokus pada desain ruang keluarga yang mewah dan tidak monoton.
 
Berdasarkan pemaparan keduanya, desain ruang keluarga yang diangkat terinspirasi dari filosofi sarang burung. Konsep sarang burung dipilih karena sarang burung dinilai sebagai tempat yang hangat dan aman bagi burung untuk melindungi telur-telurnya.
 
Baca selengkapnya di sini

3. 1.429 Rumah di Kabupaten Kubu Raya Diperbaiki Tahun Ini

Sebanyak 1.429 rumah tidak layak huni milik warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mendapatkan bantuan dalam Program Peningkatan Kualitas Rumah Secara Swakelola (PKRS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini.
 
"Tahun ini kita kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian PUPR untuk menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.429 unit rumah kepada warga penerima," kata Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Tahun ini, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya akan dialokasikan untuk 40 rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bantuan ini merupakan program Kementerian PUPR melalui Dinas PUPR Kabupaten Kubu Raya bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat.
 
Baca selengkapnya di sini
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif