Rumah Pohon di Kampung  Jepang
Desain bertingkat seperti ini merupakan kompromi terhadap kebutuhan hunian dengan ruang terbuka hijau di atas lahan sangat terbatas. designboom/vincent hecht
Jepang: Sebuah hunian tempat tinggal di Jepang dibuat dengan bentuk unit. Sang arsitek menyematkan unsur alam pada hunian tersebut.

Bangunan dengan bentuk vertikal tersebut berada di sebuah distrik Otsuka, Tokyo. Tree-ness House dirancang oleh arsitek lokal bernama Akihisa Hirata.


Bangunan enam lantai tersebut selain menjadi tempat tinggal, juga disewakan pemiliknya di lantai dasar. Oleh karena itu, sang arsitek membuat 'jalan khusus' agar pemilik dan penyewa memiliki privasi.



Tak seperti bagian dalam bangunan yang dibuat minimalis, fasad bagian luar dibuat dengan bentuk asimetris. Tak lupa setiap sudut bangunan diberi sentuhan tumbuhan hijau.

Dibangun diatas lahan terbatas 112 meter persegi, bangunan tersebut dibuat dengan sistem layering sehingga menghasilkan serangkaian ruang tiga dimensi yang saling terhubung.

Bangunan tersebut terdiri dari tiga elemen penting, kotak, lipatan, dan juga tumbuhan. Pertama adalah kotak, bangunan tersebut terdiri dari kotak-kotak yang disusun tak sejajar.



Kedua adalah lipatan, bukaan di kotak yang menciptakan hubungan antara bagian dalam dan luar dan ketiga adalah tumbuhan, tanaman hijau yang membentuk tiga dimensi di sekitar perimeter struktur.

"Pengaturan volume dan rongga fungsional, bukaan, dan penghijauan menyatukan dan menjerat bangunan menjadi satu kesatuan," kata tim desain seperti dilansir designboom, Selasa (17/4/2018).



Bangunan ini sudah dirancang Akihisa Hirata sejak 2009 dan baru rampung pada 2018. Oleh karena itu, bangunan ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan bangunan lainnya.

Jika bangunan biasanya biasanya terkesan hanya menumpuk lantai satu di atas, sementara desain ini mempertimbangkan elemen kontekstual, seperti jalan dan ruang eksterior lainnya.

Dia menciptakan sebutan "tangled space" pada bangunan tersebut, yang merupakan ciri pada bagian dalam dan luar bangunan yang sangat rancu.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id