The Aya, apartemen bagi tunawisma di Washington. Foto:  Studio Twenty Seven Architecture.
The Aya, apartemen bagi tunawisma di Washington. Foto: Studio Twenty Seven Architecture.

Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington

Properti apartemen Bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 30 April 2021 19:49
Washington: Sebuah apartemen yang berada di Washington, Amerika Serikat dibangun bagi keluarga keluarga yang membutuhkan hunian sementara. The Aya dibangun oleh Studio Twenty Seven Architecture dan Leo A Daly.
 
Bangunan tujuh lantai dibangun oleh District of Columbia Department of General Services bagi lima puluh keluarga yang membutuhkan tempat penampungan darurat di ibu kota Amerika Serikat tersebut.
Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington
Tak hanya tempat tinggal, kompleks apartemen tersebut dilengkapi dengan ruang makan, dan ruang kesehatan umum. Meski menjadi tempat penampungan sementara, The Aya dibangun dengan menarik.
 
Fasadnya dibangun unik, bagian depan dan belakang dibuat dengan bentuk yang sama. Banyak jendela yang menghiasi fasad sehingga memaksimalkan cahaya, pemandangan, pepohonan, dan ruang hijau.
Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington
"Bangunan ini memiliki ketinggian yang berbeda. Konsepnya adalah bangunan yang tidak memiliki bagian depan atau belakang dengan bentuk zigzag sehingga memungkinkan cahaya masuk secara maksimal ke setiap unit," jelas perwakilan studio arsitektur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


The Aya adalah salah satu dari delapan blok perumahan jangka pendek yang dibangun di setiap lingkungan Washington DC. Apartemen tersebut dibangun untuk membantu memerangi tunawisma.
Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington
Di dalamnya ada tujuh hingga sepuluh apartemen unit per lantai. Tak hanya tempat tinggal, ada juga ruang komunitas, fasilitas binatu, kamar mandi pribadi dan keluarga.
 
Selain itu, ada juga ruang makan, ruang komputer, ruang ujian, dan fasilitas administrasi lain di lantai dasar. Sedangkan ruang bawah tanah berisi pusat kesehatan yang menggantikan pusat kesehatan sebelumnya.
Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington
Area komunitas di setiap lantai berada di sisi utara gedung yang ditandai dengan fasad terbuka dengan kaca yang membingkai pemandangan ke arah gedung US Capitol.
 
Tempat tinggal diposisikan di belakang sisi timur dan barat yang didominasi bata. Di sebelah barat, apartemen dibuat seperti berundak yang digambarkan oleh studio sebagai "ziggurat".
Keren, Apartemen Ini Dibuat bagi Tunawisma di Washington
Unit bertingkat ini juga menggabungkan atap hijau yang dirancang untuk menyiratkan halaman depan untuk apartemen. Pintu masuk klinik kesehatan dipisahkan dengan perumahan.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif