Kabin yang dibangun menggunakan cetak 3D. Foto: Andy Chen
Kabin yang dibangun menggunakan cetak 3D. Foto: Andy Chen

Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 13 Mei 2020 19:56
New York: Studio arsitektur Hannah membangun sebuah kabin mungil di Upstate, New York. Kabin mungil tersebut dibangun menggunakan beton cetak 3D.
 
Meski semua kabin dibuat menggunakan beton cetak, namun dindingnya terbuat dari kayu. Pemilihan material kayu diperuntukkan untuk konstruksi yang berkelanjutan.
Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D
"Ashen Cabin, dari bawah ke atas dibuat dengan desain digital dan teknologi fabrikasi menggunakan teknologi 3D," kata Hannah dikutip Dezeen.
 
Fasad kabin mungil tersebut dibalut dengan panel kayu bergelombang. Sementara bagian jendelanya dihiasi dengan kayu lapis hitam.
Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D
Ashen Cabin dibangun menggunakan cetak 3D, alasannya untuk menumpuk lapisan beton dibagian dasar kabin. Tak hanya itu, cerobong hingga furnitur di dalam kabin terbuat dari beton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studio arsitektur Hannah bekerja dengan sekelompok mahasiswa di Universitas Cornell untuk mewujudkan kabin yang menggunakan kayu. Uniknya kayu tersebut dipenuhi oleh kumbang Emerald Ash Borer.
Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D
Jenis pohon yang digunakan untuk membangun kabin biasanya mudah hancur oleh serangga sehingga tidak pernah digunakan untuk konstruksi bangunan. Selain itu, bentuknya kayu yang dihasilkan pohon juga sulit untuk dibentuk.
 
Namun, pada proyek ini kayu-kayu tersebut diubah menjadi papan melengkung yang bervariasi dengan ketebalan dan pinggiran yang terlihat alami.
Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D
Kayu-kayu tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi abu-abu secara alami dan menyatu dengan warna beton cetak 3D yang digunakan di seluruh rumah.
 
Alasan lain penggunaan cetak 3D yakni untuk mengurangi sisa material yang biasanya menumpuk akibat pembangunan dengan metode konvesional. Selain itu, bekas pembangunan tersebut biasanya diakar sehingga meninggalkan jejak karbondioksida yang kurang baik bagi lingkungan.
Kabin Unik dengan Teknologi Cetak 3D
"Dengan menggunakan pencetakan 3D, kami menghilangkan penggunaan bekisting yang sia-sia dan dapat menyimpan sisanya jika diperlukan," kata Lok.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif