Museum yang terinspirasi dari kosmologi dan filsafat kuno Tiongkok. Foto: HEM
Museum yang terinspirasi dari kosmologi dan filsafat kuno Tiongkok. Foto: HEM

Museum HEM Terinsipirasi Kosmologi Tiongkok Kuno

Properti museum bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 29 Januari 2020 12:15
Shunde: Arsitek Tadao Ando dipercaya membangun He Art Museum (HEM) di Shunde, Foshan, Provinsi Guangdong, Tiongkok. Desain museum tersebut berbentuk unik.
 
Bangunan yang dibuat oleh miliarder lokal He Jianfeng itu dapat menjadi landmark baru di Shunde. "Saya harap HEM bisa menjadi jantung budaya Lingnan, tidak hanya di Shunde tetapi seluruh Tiongkok Raya," kata Ando dikutip Architecturaldigest.
 
HEM bakal dibuka pada Maret 2020. Bangunan yang terdiri dari empat lantai tersebut diakses melalui tangga ganda yang berbentuk spiral dengan teknik double helix.
Museum HEM Terinsipirasi Kosmologi Tiongkok Kuno
Foto: HEM

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fasadnya museum terdiri dari empat bangunan yang ditumpuk dengan asimetris. Sehingga bentuknya menyerupai bangunan spiral yang semakin besar di bagian atas.
 
Bentuk museum tersebut terinspirasi dari kosmologi dan filsafat kuno Tiongkok, bahwa langit berbentuk kubah bulat dan bumi memiliki bentuk persegi.
 
Selain terinsipirasi dari kepercayaan kuno, desain bundar tersebut juga disesuaikan dengan kondisi iklim subtropis.
Museum HEM Terinsipirasi Kosmologi Tiongkok Kuno
Foto: HEM
 
Setiap bangunan dihubungkan oleh tangga spiral dari beton. Pengunjung bisa menikmati museum ke setiap lantai dengan arah yang berlawanan secara bersamaan.
 
Selain museum, HEM juga dilengkapi dengan galeri persegi yang berfungsi sebagai ruang pameran tambahan, toko buku dan juga kafe.
 
Tak hanya itu, HEM juga memiliki area seluas 300 meter persegi. Area tersebut bisa digunakan untuk diskusi formal dan informal serta studi independen.
 
Di bagian taman terdapat sebuah kolam. Kolam tersebut berfungsi sebagai alat pendingin saat musim panas dan menciptakan ilusi yang indah seolah-olah ruang bawah tanah bangunan terangkat ke langit.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif