Kompleks hunian vertikal yang berada di Vancouver, Kanada.  (Foto: Westbank)
Kompleks hunian vertikal yang berada di Vancouver, Kanada. (Foto: Westbank)

Kompleks Hunian bak Pohon Raksasa

Properti apartemen
Rizkie Fauzian • 05 Juli 2019 19:06
Vancouver: Kompleks hunian vertikal yang berada di Vancouver, Kanada, dirancang dengan desain memukau. Menara dengan fasad kaca tersebut menyerupai sebuah pohon yang menjulang tinggi.
 
Henriquez Partners Architects merancang hunian vertikal tersebut di atas pusat perbelanjaan. Oakridge terdiri atas 10 menara yang mencakup hunian, ruang perkantoran, hingga ritel.
Kompleks Hunian bak Pohon Raksasa
(Foto: Westbank)
Oakridge dibangun di atas lahan seluas 420 meter persegi. Tak seperti hunian vertikal pada umumnya, fasad Oakridge dilapisi kaca transparan dan bagian dalamnya ditumbuhi pepohonan rindang.
 
Hasilnya, Oakridge tampak seperti sebuah rumah pohon. Menariknya, meski memiliki desain yang mewah, Oakridge juga menawarkan hunian yang dibanderol dengan harga relatif terjangkau.
Kompleks Hunian bak Pohon Raksasa
(Foto: Westbank)
Tak hanya hunian, Oakridge juga memiliki taman yang luas mencapai 3,6 hektare yang dilengkapi dengan jalur pejalan kaki dan juga sepeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bukan pusat perbelanjaan tradisional yang menggabungkan menara tempat tinggal. Ini tempat yang memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan," kata arsitek utama Gregory Henriquez, dikutip Dezeen.
Kompleks Hunian bak Pohon Raksasa
(Foto: Westbank)
Interior Oakridge dirancang tak hanya satu desainer, tetapi melibatkan beberapa desainer terkenal. Salah satunya, Piero Lissoni. Dia terpilih untuk mendesain menara tertinggi Oakridge.
 
Lissoni memberikan sentuhan material seperti kayu pucat, lemari putih, pilar putih, dinding dan lantai kayu herringbone. Pemilihan furnitur menggunakan perabotan dari B & B Italia, Boffi dan Miele.
Kompleks Hunian bak Pohon Raksasa
(Foto: Westbank)
Fasilitas lainnya yang ditawarkan adalah bioskop, ruang makan pribadi, dapur, dan lounge yang dilapisi kayu ek dengan perapian baja.
 
Tak hanya mementingkan desain, Oakridge juga dibuat dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Sistem pemanas menggunakan energi matahari dan juga panas bumi sehingga diharapkan mengurangi emisi gas rumah kaca.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif