Bentuk kerucut tersebut memiliki sistem pendingin dan pemanas udara. dezeen/Kris Provoost
Bentuk kerucut tersebut memiliki sistem pendingin dan pemanas udara. dezeen/Kris Provoost

Ada Museum dalam 'Cerobong' Raksasa

Properti museum tiongkok bangunan unik
Rizkie Fauzian • 19 Februari 2019 13:29
Tianjin: Museum yang berada di Tianjin, Tiongkok memiliki bentuk menyerupai deretan cerobong asap raksasa. Museum Exploration memiliki warna tembaga dengan fasad penuh cendela bundar.
 
Fasad berwarna tembaga tersebut dibuat dari panel aluminium berlubang yang dapat mengurangi panas. Pada bagian atap terdapat kerucut raksasa yang menonjol dan berfungsi sebagai lobi tinggi dengan akses tangga spiral.
 
Ada Museum dalam 'Cerobong' Raksasa
dezeen/Kris Provoost

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tangga berbentuk spiral tersebut berwana senada dengan fasad bagian depan. Di bagian dinding terdapat lampu dan lubang yang diatur sedemikian rupa untuk menyerupai rasi bintang. Cahaya alami berasal bentuk kerucut atas yang memberikan penerangan alami ke seluruh ruangan.
 
Tak hanya itu, bentuk kerucut tersebut memiliki sistem pendingin dan pemanas udara. Dari sinilah udara hangat keluar dari gedung di musim panas, dan menyaringnya selama musim dingin.
 
Terdapat tujuh 'cerobong' asap yang berfungsi sebagai ruang untuk tampilan pameran besar. Pengunjung dapat mengakses ruang pameran dengan tangga. Museum tak hanya berisi galeri dan ruang untuk acara budaya, tetapi juga ruang pameran, perpustakaan, kantor hingga restoran.
 
Ada Museum dalam 'Cerobong' Raksasa
dezeen/Kris Provoost
 
Museum seluas 33 ribu meter persegi tersebut memamerkan penggalan masa lalu dari industri kota pelabuhan Tianjin. Tianjin Urban Planning and Design Institute merancang museum sebagai bagian dari pembentukan pusat kebudayaan baru di distrik Binhai.
 
"Kami merancang Exploratorium untuk mengaitkan dengan sejarah industri pelabuhan yang kaya di daerah itu, tempat pembuatan dan penelitian tinggi," jelas arsitek Bernard Tschumi yang menangani proyek ini seperti dikutip dari Dezeen.
 


 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif