Masjidil Haram saat dipenuhi jemaah yang sedang melakukan tawaf di Mekah, Arab Saudi. (FOTO: MI/SISWANTINI SURYANDARI)
Masjidil Haram saat dipenuhi jemaah yang sedang melakukan tawaf di Mekah, Arab Saudi. (FOTO: MI/SISWANTINI SURYANDARI)

Tujuh Masjid Paling Kuno di Dunia

Properti masjid Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 04 Juni 2019 11:32
Jakarta: Desain masjid tak hanya memiliki makna, tetapi menjadi saksi dari berbagai peristiwa dan sejarah penting. Beberapa desain masjid menjadi pengingat perjalanan Islam sejak zaman dahulu.
 
Berikut ini beberapa masjid kuno di dunia seperti dikutip buku Masjid-masjid Kuno di Indonesia karya Asti Kleinsteuber dan Syafri M Maharadjo.
 
1. Masjidil Haram

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masjid ini merupakan tempat paling bersejarah dan suci yang sangat penting bagi umat Islam.
 
Masjid ini juga menyimpan banyak kenangan saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjuangan menyebarkan agama Islam dan menghadapi banyaknya tantangan dari kaum kafir Quraisy di Makkah.
 
2. Masjid Quba
 
Dalam sejarah penyebaran Islam, masjid ini yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Pembangunan masjid tidak lepas dari sejarah Nabi Muhammad dan para pengikutnya yang hijrah ke Madinah pada 622 M (1 Hijriah).
 
Masjid Quba awalnya merupakan pelataran yang dipagari dengan dinding tembok tinggi dan berawal dari tiang-tiang batang kurma yang beratapkan pelepah daun kurma yang dicampur tanah liat.
 
Tujuh Masjid Paling Kuno di Dunia
Tampak depan Masjid Quba. (Foto: Islamiclandmarks/B Munier)
 
Sedangkan mimbarnya terbuat dari potongan batang-batang pohon kurma, ditambah kiblat yang menjadi tujuan arah pada waktu salat dibuat dari bahan batu oleh Nabi. Seiring perjalanan waktu, Masjid Quba menjadi contoh bentuk awal masjid-masjid yang didirikan oleh umat Islam.
 
3. Masjid Kuffah
 
Masjid yang dibangun setelah Nabi Muhammad SAW wafat ini merupakan ide dari empat orang khalifah yang merupakan sahabat Nabi. Mereka menjabat sebagai pimpinan umat Islam yang mengajarkan dan menyebarkan ajaran Islam.
 
Tujuh Masjid Paling Kuno di DuniaMasjid yang dibangun pada 637 Masehi ini dibatasi dengan kolam air dan bertiang marmer. Pada masa tersebut tak banyak masjid yang dibangun.
 

 

Masjid Kuffah. (FOTO: Abna24.com)
 
4. Masjid Jamik Damsyik
 
Sistem pemerintahan berubah menjadi sistem kerajaan Islam di saat pemerintahan Bani Ummayah pada 661-750 M. Pusat pemerintahan dipindahkan ke Damsyik/Damaskus di Suriah.
 
Saat itulah dibangun masjid ini yang memiliki shaan dan riwaqs/liwa. Pengaruhnya jauh ke timur sampai dengan India dan Samarkand, ke barat sampai ke Spanyol dan Prancis Selatan.
 
5. Masjid Qubbag al-Sahra
 
Masjid dengan sebutan Dome of the Rock ini berada di Yerusalem, tempat Nabi Muhammad memulai naik ke langit pada saat menjalani Isra Mi'Raj.
 
Masjid ini dibangun pada masa Khalifah Abdul Malik (685-688 M). Bangunan masjid ini bentuknya mirip Bassilika di Constantinopel. Masjid ini juga memiliki ciri shaan, riwaqs, liwa, mempunyai satu kubah di dekat Mihrab.
 
6. Masjid Raya Xi'an
 
Masjid pertama dan tertua di Tiongkok ini terletak di kota Chang'an yang kini lebih dikenal dengan nama Xi'an. Berdiri pada 685-762 M, meski berada di Tiongkok, namun arsitekturnya tetap mengikuti gaya Arab.
 
Masjid Raya Xi'an memiliki kubah dan dan menara yang menyerupai kuil yang sangat unik. Masjid ini juga merupakan bangunan penting dan bersejarah di Tiongkok. Ia juga menjadi salah satu jejak bersejarah aktivitas dakwah. Tak heran Tiongkok menjadi tujuan para pedagang Muslim.
 
7. Masjid Sy
 
Masjid yang dibangun pada 1610 M ini terletak di ujung Istana Syah. Masjid ini juga mewakili bentuk masjid di Persia. Setelah keturunan Ertoghrul mengalahkan dinasti Seljuk di Asia pada 1290 M. maka berkuasalah Sultan Ustman pada 1290-1326 M.
 
Kekuasaan ini berlanjut, dan banyak membangun masjid, madrasah, dan perguruan tinggi. Pada masa tersebut atap berkubah mulai terlihat. Jarang sekali masjid beratap datar.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif