Wiranto: Tak Ada Laporan Pelanggaran Netralitas Aparat
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto -- Foto: Medcom.id/ Faisal Abdalla
Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut tak ada laporan pelanggaran netralitas oleh aparat keamanan saat Pilkada serentak 2018. Aparat keamanan dinilai masih mampu menjaga netralitasnya.

"Tidak ada laporan tentang pelanggaran netralitas dari petugas maupun aparat kemanan, baik dari Polri, TNI atau BIN. Tidak ada laporan pelanggaran netralitas," kata Wiranto usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengaman Pilkada di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 27 Juni 2018.


Wiranto pun mengapresiasi kinerja seluruh aparat dan penyelenggara pemilu baik di pusat maupun daerah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah menjaga kelancaran dan keamanan pilkada.

"Selamat atas kerja keras, ikhlas, dan kerja tuntasnya karena tanpa kerja sama yang ketat antara penyelenggara pemilu, Polri, TNI, BIN, tidak mungkin semua ini terlaksana dengan baik seperti sekarang ini," kata dia.

Menurutnya pelaksanaan Pilkada serentak 2018 berjalan lancar dan demokratis lantaran masyarakat telah berpartisipasi menggunakan hak suaranya dengan baik.

"Saya kira ini merupakan suatu pelajaran dan pengalaman yang sangat positif bagi bangsa Indonesia yang menganut paham demokrasi. Kita sudah menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi itu dengan baik. Mari kita jaga," tandasnya.



(Des)