Ilustrasi-- Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan di GOR Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)
Ilustrasi-- Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat Kecamatan di GOR Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)

Bawaslu Purworejo Rekrut 1.901 Pengawas TPS

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Pilkada Purworejo
Bagus Aryo Wicaksono • 07 Oktober 2020 14:14
Purworejo: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akan merekrut 1.901 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pilkada Purworejo. Proses perekrutan dilakukan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Purworejo, Abdul Azis, mengatakan, proses pendaftaran, pemeriksaan, dan wawancara calon pengawas TPS telah dilakukan sejak 3 Oktober sampai 15 Oktober 2020.
 
"Proses seleksi calon pengawas tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19, seperti cek suhu tubuh, memakai masker, dan menjaga jarak," katanya, Rabu, 7 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga; Kampanye Pilkada Daring di Semarang Masih Minim
 
Azis menuturkan setiap pengawas akan ditempatkan di satu TPS. Sementara masa kerja pengawas TPS adalah 30 hari.
 
"Dimulai sejak 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan tujuh hari setelahnya," jelasnya.
 
Azis menambahkan persyaratan untuk menjadi PTPS di Pilkada Purworejo tidak jauh berbeda dengan syarat menjadi PTPS pemilu.
 
"Minimal lulusan SMA, tidak pernah terlibat tindak kriminal dan bukan anggota parpol. Selain itu calon PTPS wajib menjalani rapid test untuk memastikan mereka bebas Covid-19," urai dia.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif