Cagub Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate (kanan) dan Cawagub Sulawesi Tengah Bartholomeus Tandigala (kiri). Istimewa
Cagub Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate (kanan) dan Cawagub Sulawesi Tengah Bartholomeus Tandigala (kiri). Istimewa

Tiga Strategi Hidayat Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Sulteng

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Debat Pilgub Sulteng
Sri Yanti Nainggolan • 14 November 2020 15:49
Jakarta: Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Hidayat Lamakarate berambisi menjadikan Sulteng masuk 10 besar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara nasional. Hidayat bakal menggenjot tiga bidang, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.
 
"Pendidikan dengan memastikan usia anak sekolah minimal 12 tahun menyelesaikan sekolah," ujar Hidayat dalam debat terbuka Cagub-Cawagub Sulteng 2020, Sabtu, 14 November 2020.
 
Hidayat akan membuat program pendidikan SMA dan SMK gratis bagi siswa yang tak mampu membayar sekolah. Dia juga akan memastikan infrastruktur sarana prasarana penunjang pendidikan membaik, terutama jaringan internet 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari segi kesehatan, Hidayat menyebut harapan hidup warga Sulteng masih di bawah standar nasional. Ke depannya, ia akan meningkatkan angka tersebut dengan memastikan sarana penunjang kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit menjadi lebih baik.
 
Sementara itu, kesejahteraan sosial berkaitan dengan pendapatan rata-rata masyarakat Sulteng. Pendapatan masyarakat masih di bawah standar provinsi. Hidayat akan menciptakan 100 ribu lapangan pekerjaan.
 
"Supaya bisa bekerja dan keluar dari garis kemiskinan dan memiliki pendapatan ekonomi dan mandiri secara ekonomi," tutur dia.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2020 mencatat IPM Sulteng 69,50. Angka ini di bawah standar nasional sebesar 71,9. Angka tersebut menjadikan Sulteng masuk dalam kategori sedang.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif