Ridwan Kamil Janji Sejahterakan Buruh di Jawa Barat
Ridwan Kamil saat meninjau pabrik boneka di Cianjur, Jawa Barat, Rabu, 9 Mei 2018.
Cianjur:Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen untuk mensejahterakan buruh di Jawa Barat jika berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Sejumlah program kerja telah ditawarkan Ridwan Kamil kepada para buruh termasuk di kawasan Cianjur, Jawa Barat.

Emil sapaan akrabnya ini mengatakan, memiliki cara berbeda untuk mensejahterakan buruh tanpa harus meningkatkan upah minimum regional (UMR). Namun Emil menawarkan berbagai konsep guna meringankan pengeluaran para buruh setiap harinya.


"Salah satu mensejahterakan buruh itu adalah kita memastikan pengeluaran yang menurun. Kita bikin bus gratis, sembako online. Sehingga kesejahteraannya datang tidak selalu dengan UMR yang tinggi," ujar Emil saat meninjau salah satu pabrik boneka di Cianjur, Rabu, 9 Mei 2018.

Emil mengaku, dengan adanya bis gratis serta sembako online akan memangkas pengeluaran para buruh. Pasalnya dua hal itu menjadi pengeluaran rutin bagi para buruh setiap bulannya.

"Contoh di sini (pabrik boneka), ada 3.800 warga Cianjur di sini menjadi sejahtera. Jadi pengeluaran mereka nanti berkurang setiap bulannya karena ada progran-program itu," sambung Emil.

Program kerja tersebut pun diakui Emil sebagai salah satu strategi agar para buruh di Jabar tidak lari keluar daerah untuk mengais rejeki. Pasalnya tak sedikit buruh di Jabar pergi ke daerah lain untuk mencari kesejahteraan disamping UMR yang tinggi.

"Karena banyak, UMR tinggi pindah ke Jawa Tengah. Nah ini menjadi contoh kita harus jaga UMR," kata dia.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id