Pengaruh Debat Relatif bagi Pemilih
Suasana Debat publik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur jawa Tengah Tahun 2018--Medcom.id/Budi Arista Romadhoni.
Jakarta: Debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi dan kabupaten/kota yang disiarkan langsung ke khayalak melalui frekuensi televisi dan radio. Debat tersebut dinilai berpengaruh ketika banyak yang menonton dan banyak pendengarnya.

Tidak hanya itu, pengaruh debat tersebut juga tergantung pada kondisi persaingan para peserta pilkada.


Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan hal itu saat dihubungi, Kamis, 21 Juni 2018. "Contohnya di Sumatra Utara itu kan ketat sekali. Ibaratnya gesek sedikit atau unggul sedikit akan menentukan kemenangan. Namun, untuk yang jauh seperti Jawa Tengah, itu akan sulit," ungkapnya.

Menurut Qodari, debat itu akan berpengaruh juga ketika seberapa banyak yang menonton acara debat itu. Memang sepengetahuannya, ada variasi jumlah penonton acara debat antarprovinsi.

Baca: Jurus Paslon Gubernur Jateng Ajarkan Pancasila ke Milenial

Di empat provinsi, kata dia, seperti Jawa Tengah, tingkat penonton debatnya paling tinggi hampir mencapai 20%, disusul Jawa Barat 10%, Sulawesi Selatan 7%, dan Sumatra Utara hanya 4%.

"Nah, jika bandingkan dengan Jakarta yang nonton debat kandidat lalu itu sampai 54% . Itu besar sekali. Makanya debat kali itu sangat berpengaruh," jelas Qodari.

Tadi malam, KPU Provinsi Jawa Tengah menggelar debat terakhir pilkada. Debat yang diselenggarakan di Rama Shinta Ballroom Patra Hotel and Convention Semarang. 

Debat disiarkan langsung sebuah televisi swasta itu menghadirkan pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan pasangan nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziah.

Euforia Piala Dunia 2018 di Rusia menginspirasi suporter pasangan nomor 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen. Mereka mengenakan jersey tim nasional Indonesia yang berwarna merah berstrip hijau. Warna merah hijau ini sesuai dengan warna partai Ganjar, yakni PDIP dan Taj Yasin yang dari PPP. Pada bagian depan jersey terdapat angka 1. Debat mengambil tema Demokrasi, hukum, dan kawasan dengan lima segmen.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id