Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua KPU Arief Budiman. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Pendaftaran di 28 Daerah dengan Calon Tunggal Masih Dibuka

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 07 September 2020 14:52
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyikapi adanya daerah dengan satu bakal pasangan calon (bapaslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ketua KPU, Arief Budiman, menyebut paslon di daerah itu belum tentu melawan kolom atau kotak kosong.
 
"Daerah yang terdapat satu paslon ini belum final ya. Karena untuk yang terdapat satu bapaslon KPU akan melakukan pendaftaran kembali," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin, 7 September 2020.
 
Pendaftaran kembali diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 14 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan Satu Pasangan Calon. Pasal 4 aturan itu memungkinkan hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Daftar 28 Daerah dengan Calon Tunggal
 
Proses itu dilakukan setelah KPU Daerah (KPUD) melakukan penelitian terhadap kondisi satu bapaslon. Konsekuensinya, tahapan pemilihan ditunda.

KPUD bakal menyosialisasikan penundaan pemilihan terlebih dahulu selama tiga hari. Kemudian memperpanjang pendaftaran paling lama tiga hari.
 
"Jadi misal dibuka pendaftaran kembali bisa tetap atau bisa juga berubah," ujar Arief.
 
Data yang dikumpulkan KPU hingga Minggu, 6 September 2020 pukul 24.00 WIB, sebanyak 28 daerah hanya diisi satu bapaslon. Daerah tersebut tersebar di 14 provinsi.
 
KPU akan menetapkan pasangan calon Pilkada 2020 pada Rabu, 23 September 2020. Peserta pilkada diberi kesempatan kampanye pada Sabtu, 26 September 2020, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara bakal berlangsung Rabu, 9 Desember 2020.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif