Empat Pasangan Balon Pilgub Riau Jalani Tes Fisik dan Narkoba
Ilustrasi. MTVN/M Rizal
Pekanbaru:Empat pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau menjalani tes kesehatan hari kedua, Sabtu, 13 Januari 2018. Tes kali ini adalah pemeriksaan fisik, darah, dan urine.

Keempat pasangan calon yang mengikuti tes kesehatan ini, yakni Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, Syamsuar-Edy Nasution, Lukman Edy-Harianto, dan Firdaus-Rusli Effendi.


Tahapan pemeriksaan kesehatan yang dijalani keempat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 cukup lengkap. Layaknya medical check-up, selain pengambilan darah sebanyak dua kali, dan urine, keempat pasangan calon juga menjalani tes treadmilluntuk mengetes kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tes treadmill dilakukan salah satunya untuk mendiagnosa kerja jantung. Tes ini dilakukan di Lantai 1 RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, sedangkan pemeriksaan darah dan narkoba dilakukan di Lantai 5 RSUD Arifin Ahmad.


Bakal calon Gubernur Riau Firdaus usai mengikuti tes kesehatan di lantai 5 RSUD Arifin Ahmad Kota Pekanbaru, Sabtu, 13 Januari 2018. Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna


Tes kesehatan di hari kedua ini berlangsung mulai pukul 07.30 WIB dan satu bakal calon baru bisa menyelesaikan seluruh rangkaian tes kesehatan sekira pukul 11.30 WIB. Bakal calon Wakil Gubernur Riau 2018 Edy Nasution mengaku seluruh proses tes kesehatan yang ia jalani berjalan lancar.

"Alhamdulillah tak ada kendala. Kuncinya istirahat yang cukup dan jernihkan pikiran. Tes seperti ini rutin kami lakukan di TNI. Bagi perwira TNI, tiap enam bulan melakukan tes seperti ini. Dan tadi seluruh proses pemeriksaan kesehatan berjalan lancar," kata Danrem 031/Wirabima Pekanbaru ini.

Sementara itu, Firdaus yang baru saja menyelesaikan tes kesehatan mengaku lega telah mengikuti seluruh rangkaian tes kesehatan. Meski waktu istirahatnya kurang dari tujuh jam, namun tes kesehatan yang ia ikuti berjalan lancar.

"Alhamdulillah semuanya lancar. Tes kesehatan hari ini cukup lengkap. Mulai internist, orthopedi, urologi, THT, rontgen, dan terakhir tadi adalah treadmill untuk pengecekan jantung. Semunya bisa saya ikuti dengan baik," ujarnya.

Wali Kota Pekanbaru ini mengaku baru bisa tidur sekira pukul 01.00 WIB. Ia menghadiri acara pelantikan salah satu organisasi kemasyarakatan di Pekanbaru. "Dan malam tadi teman-teman masih ramai di rumah. Sekira pukul 01.00 WIB baru bubar," ujarnya.


Bakal calon Gubernur Riau 2018 Syamsuar didampingi tim medis saat menuju ke lantai 1 RSUD Arifin Ahmad untuk menjalani tes treadmill, Sabtu, 13 Januari 2018. Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna

Bakal calon Gubernur Riau 2018, Syamsuar juga tak menemui kendala selama tes kesehatan berlangsung. Ia mengaku sejak pagi hingga menjelang siang sudah mengikuti beberapa rangkaian tes kesehatan.

"Tadi tahapannya ada sekira 10 item pemeriksaan kesehatan. Hari ini tesnya kebih kepada fisik dan urine untuk tes narkoba. Dan alhamdulillah lancar, tak ada kendala. Saya lagi menunggu giliran untuk menjalani tes treadmill di lantai 1," ujarnya.

Selain bakal calon tersebut, juga tampak bakal calon Gubernur 2018, Lukman Edy masih menjalani tes di salah satu ruangan di Lantai 5 RSUD Arifin Ahmad. Termasuk bakal calon lainnya yakni Arsyadjuliandi Rachman.

Hasil tes kesehatan selama dua hari tersebut nantinya akan diplenokan oleh Ikatan Dokter Indonesia, Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau, dan Himpunan Psikolog Indonesia. Selanjutnya hasil tes kesehatan tersebut diberikan kepada KPU Riau untuk disampaikan ke masing-masing bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018.



(SUR)