Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka (tengah). Dokumentasi/ Istimewa
Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka (tengah). Dokumentasi/ Istimewa

21 Januari, Gibran Bakal Ditetapkan Sebagai Wali Kota Solo Terpilih

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Pilkada Solo
Triawati Prihatsari • 14 Januari 2021 15:27
Solo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo akan menetapkan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih pada 21 Januari 2021. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan batas maksimal penetapan kepala daerah terpilih.
 
"Secara teknis penetapan akan dilakukan melalui rapat pleno terbuka. Namun karena masih pandemi, peserta pleno tetap akan dibatasi demi menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Komisioner KPU Solo, Kajad Pamuji Waskito, di Solo, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 19 Tahun 2020 Pasal 54 ayat (1) rapat pleno penetapan pasangan cawali-cawawali terpilih dilakukan dalam rapat pleno terbuka, dengan dihadiri semua pasangan cawali-cawawali, partai politik pengusung dan unsur Bawaslu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Jalan Lintas Kabupaten Bener Meriah-Aceh Utara Tertutup Longsor
 
Rencananya, jumlah undangan yang hadir dalam penetapan tersebut maksimal 25 persen dari kapasitas ruangan yang akan digunakan.
 
"Kita sudah berkoordinasi dengan Polresta Solo terkait pengamanan penetapan wali kota terpilih. Karena kita nanti wajib menerapkan prokes ketat sebagai antisipasi penyebaran covid-19.
 
Seperti diketahui, pasangan Gibran-Teguh berhasil unggul dalam Pilwakot Solo 2020 dengan raihan 83 persen suara. Mereka unggul dari pasangan independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang meraih 13,45 persen suara. Sementara itu, pelantikan Gibran-Teguh dijadwalkan pada Februari 2021.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif