Hari Ini KPU Jember Rekrut KPPS
Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi--Medcom.id/Kusbandono.
Jember:Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Jember, telah memasuki tahapan proses perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Perekrutan untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah di Kabupaten Jember.

Hari ini akan dilaksanakan pembukaan pengisian anggota KPPS. "Hari ini kita buka rekrutmen anggota KPPS secara terbuka." Kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Hanafi kepada Medcom.id, Senin, 30 April 2018.


Jumlah TPS yang disediakan untuk pemilihan Gubernur Jatim mencapai 4.327 titik di Seluruh wilayah di Kabupaten Jember. Maka, kebutuhan masing-masing TPS yakni 7 orang KPPS dan 2 Linmas.

Baca: Hasil Survei, Politik Uang Hantui Pilgub Jatim 2018

Proses rekrutmen anggota KPPS mengalami perubahan. Pemilu sebelumnya anggota KPPS hanya ditunjuk PPS, sedangkan untuk sekarang melalui rekrutmen terbuka yang ditentukan dan ditetapkan PPK.

"Untuk proses perekrutan KPPS ini jauh lebih berbeda. Kalau dulu ditentukan atau ditunjuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), sekarang proses rekrutmennya secara terbuka sekaligus akan di tentukan dan ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujar Hanafi.

Menurut Hanafi, pelaksanaan rekrutmen ini dibuka secara terbuka untuk masyarakat yang ingin menjadi penyelenggara pemilu. Targetnya awal Juni dapat terbentuk KPPS di masing-masing TPS. "Paling tidak awal Juni sudah terbentuk KPPS di masing-masing TPS." Ungkap Hanafi.

Syarat untuk menjadi KPPS sendiri, menurut Hanafi, tidak jauh beda yakni usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA, tidak mengikuti partai politik, dan tidak memiliki ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Rekrutmen Linmas juga mengalami perubahan. Yang dahulu dibentuk oleh Bakesbangpol dan Satpol PP, kali ini proses rekrutmennya akan di tentukan dan ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui PPS dimasing-masing desa.

"Untuk tenaga pengaman atau Linmas kali ini proses rekrutmennya akan di tentukan dan ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), melalui PPS dimasing-masing desa bukan melalui Bakesbangpol seperti dulu," kata Hanafi.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id