Viktor Laiskodat Janji Beri Fasilitas Transport ke Tenaga Medis
Cagub Viktor Bungtilo Laikskodat. Foto: MI/Palce Amalo
Jakarta:Masalah kesehatan di Nusa Tenggara Timur bukan saja masalah sarana dan prasarana, tetapi juga sulitnya akses tenaga medis ke pulau-pulau terpencil. Pasangan nomor urut 4 Viktor Bungtilo Laikskodat-Josef berjanji memberikan fasilitas transportasi ke tenaga medis. 

Viktor mengatakan, salah satu keterbatasan di NTT adalah dokter ahli. Masyarakat di pulau-pulau harus berobat ke rumah sakit rujukan di pusat kota menemui dokter ahli. 


Viktor berjanji, ke depan bukan lagi pasien yang mengunjungi dokter, tetapi dokter yang mengunjungi pasien. Caranya memfasilitasi sarana transportasi khusus kepada dokter ahli. 

"Kita ke depan bukan rujukan pasien ke dokter, tapi dokter ke pasien. Kita siapkan pesawat khusus, kapal menuju pulau terpencil. Itu pekerjaan pemerintah," kata Viktor dalam pemaparannya dalam debat terakhir Pilgub NTT, Sabtu, 23 Juni 2018. 

Di sisi lain, menurut politikus Partai NasDem itu, peningkatan taraf kesehatan di NTT bukan hanya pembagunan fisik sarana kesehatan. Tindakan kuratif dan preventif juga diperlukan. 

Ia berjanji akan menyiapkan anggaran khusus menjadikan masyarakat NTT bisa hidup sehat. Sehingga angka warga yang sakit bisa ditekan. 

"Kuratif dan preventif agar mereka tidak sakit bukan bicara orang sakit. Kita siapkan anggaran cukup langkah-langkah untuk hidup sehat," pungkasnya. 



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id