<i>Milenial Perlu Melek Politik</i>
Sudirman Said saat meluncurkan bukunya, Dear Millenials, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 14 April 2018.
Semarang:Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said, membidik suara pemilih pemula dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2018. Sudirman menilai milenial sebagai pemilih pemula bakal menentukan arah kepemimpunan Jawa Tengah selama lima tahun mendatang.

"Jangan golput. Suara anda menentukan masa depan Jateng. Pilih pemimpin yamg bersih, jujur, kompeten, dan mau bekerja semata untuk kepentingan rakyat," kata Sudirman saat meluncurkan bukunya, Dear Millenials, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 14 April 2018.


Menurut Sudirman, pemilih pemula merupakan generasi yang kelak bakal menjadi pemimpin di level daerah maupun negara. Sehingga, penting bagi mereka melek politik dan paham bagaimana kebijakan yang menyangkut hidup masyarakat banyak dibuat.

"Adik-adik perlu melek politik agar sedikit banyak memahami proses mengurus pemerintahan. Tapi bukan terjun langsung ke dunia politik, karena waktunya belum sampai," ujar Sudirman menegaskan.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menuturkan bahwa seluruh jabatan strategis di Tanah Air diputuskan melalui proses politik. Sehingga, semestinya dunia politik diisi oleh orang-orang baik.

"Politik adalah hulu. Kalau hulunya baik, hilirnya, dalam hal ini kebijakan dan orang-orang yang akan dipilih pun orang-orang yang baik," jelas Sudirman.

Sudirman meminta para pemilih pemula yang umumnya akrab dengan media sosial tidak mudah terjebak dengan politik pencitraan. Bagi Sudirman, pencitraan berbeda jauh dengan reputasi.

"Reputasi dibangun dalam jangkan yang panjang, bisa dilacak, dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. Sementara pencitraan adalah bungkus yang tidak menggambarkan fakta yang sesungguhnya," beber Sudirman.



(SUR)