Ilustrasi kelapa sawit. AFP
Ilustrasi kelapa sawit. AFP

Udin-Undun Bakal Dorong Kelapa Sawit Diproduksi Jadi Bahan Jadi

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Debat Pilgub Kaltara
Cindy • 30 November 2020 22:40
Jakarta: Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Udin Hianggio-Undunsyah tak ingin petani kelapa sawit dianaktirikan. Dia ingin kelapa sawit diproduksi jadi bahan jadi.
 
"Ini harapan saya untuk semua wilayah baik untuk Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Malinau, dan Nunukan. Sehingga tidak akan teman-teman masyarakat kita, kebun kelapa sawit ini selalu dianaktirikan," ujar Udin dalam Debat Ketiga Pilgub Kalimantan Utara yang disiarkan Metro TV, Senin, 30 November 2020.
 
Pasangan calon nomor urut 1 itu bakal mendorong investasi dari luar negeri masuk. Dia juga berencana membeli pabrik pembuatan bahan jadi di Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Udin menyebut ada sejumlah persoalan yang dihadapi petani kelapa sawit di Kaltara. Permasalahan itu berujung anggapan komoditas kelapa sawit menimbulkan masalah lingkungan.
 
"Pertama, harga dari kelapa sawit yang fluktuatif. Lalu harga pupuk juga selalu terjadi fluktuasi yang sangat tinggi," kata Udin.
 
Kedua, membuat para petani sulit menjual komoditas yang diunggulkan di Kaltara. Selain itu, kelapa sawit kerap bermasalah dengan makelar dan pialang.
 
"Untuk itu, kita tidak akan lagi membentuk CPO-CPO (minyak kelapa sawit) yang ada, tapi kita harapkan kelapa sawit menjadi bahan jadi," ucap Udin.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif