Gus Ipul Nilai Pilgub Jatim Seperti El Clasico
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf
Malang:Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur kali ini merupakan duel antara pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur.

Namun, Pilgub Jatim 2018 ini juga bisa disebut sebagai laga El Clasico terlama dalam demokrasi Indonesia. Pasalnya dalam tiga periode terakhir, Pilgub Jatim selalu mempertemukan Gus Ipul dengan Khofifah Indar Parawansa.


"El Clasico memang selalu ditunggu. Pilgub Jatim kali ini adalah El Clasico terlama sepanjang demokrasi Indonesia. Tidak masalah. Justru ini adalah sisi yang menarik," kata Gus Ipul di Malang, Minggu 20 Mei 2018.

El Clasico sendiri merupakan sebutan dalam sebuah pertandingan yang mempertemukan dua tim raksasa sepak bola dunia yakni FC Barcelona dan Real Madrid. Pertemuan mereka selalu dinantikan oleh para pendukungnya.

"Kita lewati saja. Kita jalan terus. Kita fokus dengan waktu yang ada ini dan kita harus yakin. Serunya El Clasico itu ya dari penontonnya dan bikin kita juga jadi semangat dan bergairah," tambah Gus Ipul.

Pertemuan pertama keduanya yakni pada Pilgub Jatim periode 2008-2013. Saat itu, Gus Ipul maju sebagai calon wakil gubernur bersama Soekarwo. Sedangkan, Khofifah maju bersama Mudjiono. Pilgub Jatim 2008 ini berlangsung tiga putaran dan dimenangkan paslon Soekarwo-Gus Ipul.

Lalu pertemuan kedua pada Pilgub Jatim periode 2013-2018. Gus Ipul kembali digandeng oleh Soekarwo. Sedangkan, Khofifah berganti pendamping dan maju bersama Herman Suryadi Sumawiredja. Namun, pertemuan kedua ini lagi-lagi dimenangkan paslon Soekarwo-Gus Ipul.

Pada pertemuan ketiga yakni Pilgub Jatim periode 2018-2023, Gus Ipul tak lagi bersama Soekarwo dan maju sebagai calon gubernur. Kali ini Gus Ipul menggandeng Puti Guntur. Sedangkan Khofifah sekali lagi mengganti pasangannya menjadi Emil Elistianto Dardak.

Masa kampanye Pilgub Jatim 2018 ini sendiri masih akan berlangsung hingga 23 Juni mendatang. Agenda kemudian dilanjutkan dengan memasuki masa tenang selama tiga hari yaknj pada 24 hingga 26 Juni. Selanjutnya hari pemungutan suara bakal dilaksanakan pada 27 Juni.

Untuk diketahui, dua paslon pada Pilgub Jatim 2018 ini diusung oleh sejumlah parpol. Paslon Khofifah-Emil Dardak didukung koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem di nomor urut satu. Sedangkan, paslon Gus Ipul-Mbak Puti diusung PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra di nomor urut dua.




(ALB)