Kapolri Jenderal Idham Azis. Medcom.id/Cindy
Kapolri Jenderal Idham Azis. Medcom.id/Cindy

Tegaskan Netralitas Pilkada 2020, Kapolri Ultimatum Kapolda

Pilkada polri pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Siti Yona Hukmana • 17 November 2020 20:09
Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis menggelar video conference (vicon) bersama kepala kepolisian daerah (kapolda) Selasa siang, 17 November 2020. Dalam vicon itu Kapolri menegaskan netralitas Polri terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.
 
"Tolong teman kapolda pahami betul itu. Kalau ada anggota yang melanggar, jelas, pasti saya suruh periksa oleh profesi dan pengamanan (propam), baik disiplin maupun kode etik, tidak ada tawar menawar urusan netralitas ini," tegas Idham dalam video yang diterima Medcom.id, Selasa, 17 November 2020.
 
Idham melarang keras 440 ribu anggota Polri berpolitik. Tugas jajarannya hanya menjaga, melayani, dan mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menegaskan tak ada operasi senyap, operasi khusus, maupun operasi gelap. Seluruh jajaran diminta menjalankan perintah.
 
"Jalankan saja perintah, apa yang harus kita koordinasikan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI. Hanya itu yang kita kerjakan," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.
 
Pilkada serentak akan dilaksanakan di 270 daerah, dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pemungutan suara digelar pada 9 Desember 2020.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif