Dua Daerah di Jatim Belum Serahkan Hasil Rekapitulasi
Ketua KPU Jatim Eko Sasmito (tengah) saat media gathering di kantor KPU Provinsi Jatim. (Medcom.id/Amal).
Surabaya:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur akan merekapitulasi suara hasil Pilgub Jatim 2018, di Grand City Surabaya, pada besok Sabtu, 7 Juli 2018. Ini setelah rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota tuntas. 

"Sampai saat ini masih kurang dua kotak hasil rekapitulasi di 38 kabupaten/kota se-Jatim, yang belum menyerahkan ke KPU Jatim," kata Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, kepada wartawan di kantornya, Jumat, 6 Juli 2018.


Dua kotak tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari dua daerah, yakni Kota Malang dan Magetan. Diperkirakan hari ini tiba di KPU Jatim, mengingat Sabtu besok akan digelar rekap tingkat provinsi. 

"Dua kotak hasil rekapitulasi dari dua daerah itu saat ini masih dalam perjalanan ke KPU Jatim. Yang jelas hari ini harus sudah diserahkan ke KPU Jatim," katanya.

Sejauh ini, kata dia, tahap penghitungan suara di tingkat provinsi tak menemui kendala berarti. Meskipun ada beberapa persoalan yang terjadi saat rekapitulasi suara di tingkat kabupaten atau kota.

"Memang ada dinamika persoalan di tingkat kabupaten/kota, tetapi itu hanya berkaitan dengan persoalan-persoalan yang bersifat administratif. Semisal tentang sinkronisasi data pemilih. Tapi sudah selesai," ujarnya.

Termasuk penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) yang diselenggarakan di beberapa kabupaten maupun kota, juga tidak mengganggu tahapan rekapitulasi suara pilgub di tingkat provinsi.

"Kemarin ada tiga daerah yang menggelar PSU, tetapi itu tidak mempengaruhi tahapan rekapitulasi dan hasil rekapitulasi PSU bisa masuk saat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Sehingga rekapitulasi di kabupaten/kota tidak ada kendala," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menambahkan bahwa tahapan rekapitulasi provinsi bukan merupakan tahapan penetapan pasangan calon yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih, melainkan masih akan dilakukan pada hari ketiga usai penetapan hasil rekapitulasi suara.

"Sehingga masih ada kesempatan upaya hukum untuk menyampaikan gugatan dalam waktu 3x24 jam sejak kita tuangkan dalam bentuk SK (Surat Keputusan) hasil rekapitulasi suara," katanya.

Jika gugatan dilakukan di luar waktu yang disediakan, maka langkah tersebut tidak memiliki dasar hukum. Selama rekapitulasi besok, lanjut Eko, pihaknya telah mengundang tim sukses kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang berlaga pada Pilgub Jatim 2018, termasuk mengundang berbagai pihak terkait.

"Kami tidak mengundang paslonnya, tapi hanya tim sukses paslon. Kami juga libatkan pihak keamanan selama kegiatan rekapitulasi nanti," ujarnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id