Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang (kiri) - Yansen Tipa Padan (kanan). Metro TV
Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang (kiri) - Yansen Tipa Padan (kanan). Metro TV

Cawagub Kaltara Yansen Sebut Program Transmigrasi Jangan Seperti Membuang Orang

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Debat Pilgub Kaltara
Renatha Swasty • 14 November 2020 21:18
Jakarta: Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Yansen Tipa Padan mendukung pemerintah pusat terkait program transmigrasi. Namun, dia menyebut program mesti sesuai prosedur.
 
"Saya lihat SP-SP (satuan permukiman) saya prihatin seolah mereka dibuang, tidak layak. Menurut saya harus layak menghidupkan orang," kata Yansen dalam debat terbuka Cagub-Cawagub Kaltara 2020, di Jakarta, Sabtu, 14 November 2020.
 
Yansen mencontohkan salah satunya di Tanjung Buka. Dia mengatakan para transmigran hidup di antara hutan bakau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut hidup yang layak bakal berimbas kepada masyarakat yang tinggal. "(Sehingga) manusia tumbuh dan berkembang," kata dia.
 
Yansen mengatakan penempatan para transmigran juga mesti hati-hati. Apalagi mereka datang dari wilayah berbeda untuk hidup di wilayah yang berbeda.
 
Hal ini penting agar transmigran bisa hidup berdampingan dengan warga setempat."Harus dipertimbangkan tidak dibuang ke tempat tidak layak," tutur dia.
 
Yansen dan pasangannya, Cagub Kaltara Zainal A Paliwang, juga bakal memberikan ruang pada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk melaksanakan kegiatan kerukunan agama. Apalagi, banyak budaya bercampur di Kaltara.
 
Calon nomor urut 3 itu juga bakal membuat pekan budaya Kaltara setiap tahun. "Kaltara rumah kita. Kaltara harus memberikan kesempatan yang sama (kepada siapa pun) untuk tampil sebagai pelaku pengembangan budaya," tutur Yansen
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif