KPU: Tak Ada Pemungutan Suara Ulang di Jateng
Kantor KPU Jateng
Semarang:Komisi Pemilihan Umum mengklaim pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018 berjalan lancar. Komisioner KPU Jateng, Hakim Junaidi, memastikan tidak ada satu tempat pemungutan suara (TPS) pun di Jateng yang harus melakukan pemungutan suara ulang.

"Di Jateng sampai hari ini kita belum dapat info kalau ada kejadian-kejadian di daerah lain yang harus dilakukan pemungutan suara ulang," kata Hakim di KPU Jateng, Semarang, Senin, 2 Juli 2018.


Lagi pula, kata Hakim, hingga lima hari setelah pemilihan berlangsung, tidak ada desakan dari masyarakat yang meminta KPU Jateng melakukan pemungutan suara ulang. 

"Sampai hari ini enggak ada," ujar Hakim menegaskan.

Bahkan, Hakim menegaskan pemungutan suara ulang di Jateng hampir mustahil diselenggarakan. Sebab, proses penghitungan suara di tingkat kecamatan se-Jateng sudah rampung 100 persen. 

Meski mengakui ada keluhan-keluhan dari masyarakat terkait penyelenggaraan Pilkada Jateng, namun keluhan-keluhan itu tidak sampai mengharuskan KPU Jateng melakukan pemungutan suara ulang. 

"Yang ada ketika pemilih TPS lain memilih ke TPS yang dituju, surat suara habis. Itu oleh petugas digeser ke TPS yang masih ada surat suara atau petugas ambil di TPS terdekat," jelas Hakim.




(ALB)