Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pulau Masalembu dan Sapeken Dapat Perhatian Khusus KPU

Pilkada pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Rahmatullah • 24 November 2020 11:52
Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep memberi perhatian khusus untuk dua pulau dalam pendistribusian logistik Pilkada Sumenep 9 Desember 2020. Yakni Pulau Masalembu dan Sapeken karena letak geografis pulau tersebut.
 
"Dua palau ini yang menjadi perhatian kami dalam hal distribusi logistik," kata Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits, Selasa, 24 September 2020.
 
Warits menjelaskan, Pulau Masalembu sangat jauh dari KPU, membutuhkan jarak tempuh lebih dari 15 jam menggunakan jalur laut. Sementara Sapeken, meski jalur ke kecamatan relatif mudah, namun untuk ke setiap desa atau TPS lebih sulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah dua pulau ini baru kita bergeser ke pulau lain seperti Kangean, Raas dan Arjasa. Karena di situ pulau-pulau kecilnya tidak terlalu jauh," jelas Warits.
 
Baca:Debat Publik Pilbup Sumenep Gunakan Bahasa Madura
 
Dia menerangkan pendistiribusian akan dilakukan mulai akhir November. Atau, lanjut dia, sekira 10 hari sebelum pencoblosan.
 
Ia menambahkan, dengan kondisi geografis tersebut, KPU akan berkoordinasi dengan banyak pihak. Salah satunya dengan Polri, untuk memakai armada dalam pendistribusian logistik pilkada.
 
"Jadi skema terbutuk juga kita siapkan. Jika terjadi cuaca buruk kita berkoordinasi dengan salah satunya Polri. Kita bisa sewa kapal yang dimiliki. Jalau jalur laut tidak memungkinkan kita lewat jalur udara," ucapnya.
 
Pilbup Kabupaten Sumenep diikuti dua paslon untuk berebut suara masyarakat, yakni paslon nomor urut 01 Achamd Fauzi-Hj. Dewi Khalifah dan paslon 02 Fattah Jasin-KH. Ali Fikri.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif