Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pengawas Pilkada Diminta Tak Ragu Bubarkan Kerumunan

Pilkada pilkada serentak bawaslu Pemilu Serentak 2020 protokol kesehatan
Kautsar Widya Prabowo • 29 November 2020 10:28
Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meminta pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kecamatan, tegas mencegah pelanggaran protokol kesehatan (prokes) saat kampanye tatap muka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Mereka harus tegas membubarkan kerumunan.
 
"Karena PKPU 13 Tahun 2020 sudah memberikan kewenangan kepada kita (pengawas pemilu)," tegas Abhan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 28 November 2020.
 
Menurut dia, langkah pembubaran bisa dilakukan secara sistematis. Jika terjadi potensi pelanggaran protokol kesehatan, panwascam bisa mengeluarkan surat peringatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abhan menyebut surat itu berfungsi untuk menghentikan kegiatan yang melanggar protokol kesehatan. Apabila kampanye dilanjutkan, panwaslu bisa berkoordinasi dengan pihak keamaanan untuk menghentikan kegiatan.
 
"Kita tetap harus berkoodinasi dengan pihak kepolisian dalam melakukan pembubaran kegiatan kampanye," tuturnya.
 
Di sisi lain, mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ini juga berharap kepada jajaran pengawas agar tetap menjaga kesehatan pada masa pandemi covid-19. Salah satunya dengan melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar saat melakukan tugas pengawasan.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif