ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

429.321 Surat Suara Pilkada Solo Mulai Dilipat

Pilkada pilkada serentak Pilkada Solo
Triawati Prihatsari • 25 November 2020 16:28
Solo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai melakukan pelipatan surat suara Pilwakot Solo 2020. Pelipatan 429.321 lembar surat suara tersebut ditargetkan rampung pada 30 November 2020.
 
"Sortir dan lipat surat suara melibatkan 25 orang tenaga dari luar KPU. Mereka dari masyarakat sekitar dan akan dibantu teman-teman KPU," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, di Solo, Rabu, 25 November 2020.
 
Baca: Gempa Tektonik Sempat Terjadi di Gunung Merapi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan masing-masing tenaga pelipat surat suara Pilwakot Solo 2020 menerima upah sebesar Rp75 per lembar. Dan masing-masing tenaga pelipat diperbolehkan melipat maksimal 3.000 lembar surat suara.
 
Proses pelipatan surat suara Pilwakot Solo juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat. Sebelum memasuki ruang pelipatan, masing-masinh tenaga pelipat diwajibkan mengenakan masker dan dicek suhu tubuhnya. Kemudian mereka juga wajib menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun.
 
"Total nantinya mereka akan melipat 429.321 lembar surat suara, ditambah 2.000 lembar untuk surat suara pemungutan suara ulang, serta termasuk surat suara cadangan 2,5 persen untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS)," jelas Nurul.
 
Jika didapati surat suara rusak, KPU Solo akan mengumpulkannya terlebih dulu termasuk surat suara yang tidak layak, atau cacat. Setelah dihitung jumlah kerusakan surat suara, laporan diteruskan ke percetakan untuk proses penggantian.
 
"Surat suara yang rusak akan dikembalikan untuk dimusnahkan," beber Nurul.
 
Sementara terkait dengan logistik Pilwakot Solo 2020 sebagian telah terkirim ke KPU Solo termasuk alat pelindung diri (APD). Beberapa APD yang belum lengkap terkirim diantaranya thermogun dan sarung tangan.
 
"Khusus untuk APD ini kami targetkan akhir bulan ini selesai dikirim. Sehingga kami tinggal fokus ke logistik pemilihan," ujarnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif