Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels

Cara Membuat Kerangka Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Citra Larasati • 24 Oktober 2021 16:15
Jakarta:  Menulis surat lamaran kerja menjadi salah satu bagian penting dari sejumlah rangkaian yang haus dilakukan saat Sobat Medcom melamar kerja.  Namun tidak jarang, di tahapan paling awal ini justru sering ditemui sejumlah kebingungan yang mungkin saja akan berdampak fatal bagi tahap-tahap selanjutnya.
 
Untuk itu, perlu dipelajari bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Tidak hanya itu, dikutip dari akun Instagram @Kemnaker, surat lamaran yang tepat akan memperbesar peluang Sobat Medcom yang sedang berusaha melamar pekerjaan loh. Yuk, pelajari cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar.
 
Baca juga:  4 Cara Ungkapin Kata 'Bokek' dalam Bahasa Inggris

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat lamaran kerja:

Paragraf I

Berikan Intro Menarik

Memberikan penekanan pada kelebihan perusahaan dapat menarik hati perekrut dalam memilih kandidat.  Tandanya, kamu sudah mengumpulkan cukup informasi mengenai perusahaan yang dilamar.

Paragraf II dan III

Tulis pengalaman dan kemampuan 
  1. Tampilkan pengalaman yang pernah dimiliki saat kuliah atau sekolah
  2. Tambahkan beberapa skill yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan

Paragraf IV

Penutup dan Persuasif
 
Bagian penutup haruslah bersifat persuasif.  Misalnya "Saya akan dengan senang hati membahas ini lebih lanjut..."  Kalimat ini menunjukkan antusiasme dalam melamar pekerjaan.
 
Bagi Sobat Medcom yang sedang mencoba melamar pekerjaan, tidak ada salahnya cara-cara tersebut dicoba. Semoga berhasil ya!
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan