Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Guru Masa Kini Harus Mampu Jadi Fasilitator dan Motivator

Pendidikan Kualitas Pendidikan Kualitas Guru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 09 Juli 2020 17:07
Jakarta: Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji mengingatkan peran guru masa kini adalah sebagai fasiliator. Artinya, memfasilitasi peserta didik untuk belajar, bukan menjejali dengan materi-materi mata pelajaran.
 
"Pendidikan tidak bisa kita buat seakan ngisi ember kasih materi terus. Ini sering diperbincangkan di tengah situasi pandemi, guru sibuk bikin materi video, materi power point segala macam," kata Indra dalam diskusi daring, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Indra menekankan, guru seharusnya memfasilitasi peserta didik untuk berkreasi. Ia mencontohkan apa yang dilakukan SMA Katolik Santa Maria Malang, Jawa Timur, yang memberi ruang hasil pembelajarannya berupa produk podcast, vlog, gim, animasi hingga vlog, dan kemudian di unggah di akun media sosial masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pendidikan Karakter Tak Bisa Dibebankan kepada Sekolah
 
Metode belajar ini dinilai sangat kekinian dan cocok dengan generasi digital native."Makin banyak likes-nya, followers-nya wah semakin senang. Itu lebih bermanfaat daripada duduk di kelas disuapin mau belajar ini, belajar ini, lalu dikasih tes," ucapnya.
 
Indra mengatakan, guru masa kini juga harus mampu berperan sebagai motivator. Salah satunya adalah memberi dukungan terhadap karya-karya peserta didiknya.
 
"Karena karya yang mereka buat tadi tidak otomatis akan langsung diterima masyrakat. Banyak karya yang di-bully, justru anak-anak kita dampingi, kita motivasi," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif