Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi: MI/Rommy Pujianto

Siswa, Kenali 18 Cabang Ilmu Biologi yang Ada di Seluruh Dunia

Citra Larasati • 10 Juli 2022 17:00
Jakarta:  Bagi sebagian peserta didik, biasanya memiliki mata pelajaran favorit saat di sekolah.  Salah satu yang banyak penggemarnya adalah mata pelajaran biologi
 
Pelajaran biologi di sekolah biasanya masih terbatas pada dasar-dasar dan pengenalan.  Namun ternyata, Biologi memiliki cabang ilmu yang luas. 
 
Karena begitu luasnya, biologi dibagi menjadi beberapa cabang ilmu yang diklasifikasikan berdasarkan objek kajian dari masing-masing cabang ilmu tersebut. Masing-masing cabang ilmu ini, spesifik membahas satu bagian 'kecil' dari keseluruhan bagian yang dipelajari dalam ilmu Biologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman Ruangguru, masing-masing cabang ilmu Biologi memang terkesan sangat spesifik, tapi bahasannya bisa berkembang terus seiring berjalannya waktu, karena ilmu pengetahuan itu selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Berikut 18 cabang ilmu Biologi yang ada di dunia:

1. Genetika

Pada cabang ilmu biologi ini, kamu akan mempelajari tentang gen, materi genetik (DNA dan RNA), pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya, serta persilangan gen. Misalnya, kamu pernah bertanya-tanya, kenapa ya warna kulitmu bisa sama dengan warna kulit ibumu? Nah, dengan mempelajari ilmu ini, kamu bisa menemukan jawabannya, lho!

2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, kamu dapat mempelajari unit struktural terkecil penyusun seluruh tubuh makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu adalah sel. Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel semua dibahas dalam ilmu ini. 

3. Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan ikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang ingin masuk jurusan kedokteran, ilmu ini sangat bermanfaat untuk dipelajari.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif