Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pendidikan Vokasi

8 Prodi Vokasi dengan Karier Menjanjikan Ini Bisa Jadi Pilihan

Pendidikan karier Pendidikan Vokasi Vokasi Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 05 Mei 2022 22:02
Jakarta:  Menentukan Prodi (program studi) atau jurusan kuliah memang tidak boleh sembarangan. Saat memilih Prodi, kamu perlu mempertimbangkan minat dan juga prospek kariernya.
 
Hal ini dilakukan supaya tidak ada perasaan menyesal dan perasaan salah memilih jurusan di kemudian hari.  Bukan cuma di universitas saja, memilih prodi di vokasi pun juga perlu mempertimbangkan prospek kariernya.
 
Apalagi, jurusan di vokasi cenderung lebih bersifat praktek dan sudah lebih menjurus ke karier dibandingkan di universitas. Kalau kamu salah memilih prodi, bisa jadi ilmu yang kamu pelajari menjadi sia-sia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, supaya kamu nggak salah pilih Prodi, berikut ulasan 8 Prodi vokasi dengan karier menjanjikan yang bisa kamu pertimbangkan. 

8 Prodi Vokasi dengan Karier Menjanjikan

Sistem Informasi

Dikutip dari artikel Zenius, bermigrasinya aktivitas tatap muka ke ranah virtual membuat teknologi informasi kian berkembang. Oleh karena itu, salah satu prodi vokasi yang saat ini memiliki peluang karier cukup menjanjikan adalah prodi Sistem Informasi. 
 
Prodi Sistem Informasi sendiri mempelajari seputar basis data dan pemrograman dalam perangkat lunak. Lulusan jurusan ini pun memiliki prospek karier yang cukup menjanjikan dari segi gaji, lho, misalnya seperti menjadi software engineer
 
Dikutip dari The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report 2020/2021, posisi junior software engineer memiliki kisaran gaji sebesar 500-1100 USD atau setara dengan Rp7.174.750 sampai Rp15.784.450. Menggiurkan sekali, ya, apalagi kisaran gaji ini juga bakal bertambah seiring dengan banyaknya pengalaman yang kamu miliki. 

Ilmu Komputer

Masih dalam bidang teknologi, prodi vokasi dengan karier menjanjikan selanjutnya adalah prodi Ilmu Komputer. Di prodi ini, kamu akan belajar seputar rekayasa perangkat keras komputasi, jaringan komputer, dan juga pemeliharaannya. 
 
Nah, mengingat saat ini bidang teknologi tengah banyak diminati, prospek karier lulusan jurusan ini pun semakin menjanjikan. Salah satu peluang karier yang bisa kamu geluti adalah junior frontend developer dengan kisaran gaji sebesar USD500-USD1700 atau setara dengan Rp7.174.750 hingga Rp24.394.150. 

Pariwisata

Enggak hanya bidang teknologi saja, bisnis pariwisata dan perhotelan pun saat ini kian digemari, apalagi mengingat tren staycation saat ini sedang booming. Makanya, salah satu Prodi vokasi dengan karier menjanjikan selanjutnya adalah pariwisata. 
 
Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, kamu akan belajar seputar manajemen pariwisata, objek wisata, hingga manajemen perhotelan. Lulusan ini pun memiliki prospek karier yang menjanjikan. Salah satunya seperti menjadi manajer hotel dengan rata-rata gaji di kisaran Rp5.258.541 sampai Rp6.810.009 untuk level junior. 

Akuntansi

Selanjutnya, kamu juga bisa mempertimbangkan memilih prodi Akuntansi di vokasi nanti. Tidak hanya di universitas saja, Jurusan Akuntansi nyatanya juga diminati di vokasi. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan tenaga di bidang akuntansi memang cukup banyak, baik di perusahaan besar, hingga bisnis kecil. 
 
Jurusan Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari pemberkasan, pencatatan, dan analisis laporan keuangan perusahaan. Nantinya, lulusan jurusan ini umumnya akan berkarir menjadi seorang akuntan. 
 
Seorang akuntan ini memiliki kisaran gaji yang cukup menggiurkan, yaitu kisaran Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000 untuk level pemula. Tentu saja, kisaran gaji ini bergantung pada level perusahaan tempat kamu bekerja nanti, ya.

Tata Boga

Kamu senang dengan bidang kuliner? Jika iya, Prodi Tata Boga bisa jadi rekomendasi kamu. prodi Tata Boga akan mengajarkan keahlian di industri kuliner, mulai dari memasak, manajemen dapur, hingga bisnis di bidang kuliner. 
 
Saat ini pun bisnis kuliner tengah banyak diminati, lho. Terlihat dari banyaknya kalangan artis yang kini beralih menekuni bisnis kuliner, mulai dari bisnis kue, kopi dan teh, hingga makanan utama. Menekuni bisnis kuliner pun bisa mendapatkan omset hingga ratusan juta per bulannya. Menarik, ya! 

Hubungan Masyarakat

Seseorang dengan keahlian menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara perusahaan dengan berbagai pihak nampaknya akan selalu dibutuhkan di hampir seluruh bidang pekerjaan. Oleh karena itu, prodi Hubungan Masyarakat menjadi salah satu Prodi vokasi dengan karier menjanjikan selanjutnya. 
 
Di jurusan ini, kamu akan belajar seputar komunikasi di berbagai bidang hingga teknik pemasaran. Menarik, bukan? Nah, lulusan jurusan ini juga memiliki prospek karir yang cukup menjanjikan, lho dengan kisaran gaji Rp4.161.055 hingga Rp21.804.207 per bulan. 

Teknik Mesin

Industri otomotif dan teknologi mesin pun saat ini sedang banyak diminati. Terlihat dari bermunculannya mesin-mesin terbaru yang memudahkan kehidupan kita, seperti robot vacuum, air purifier, hingga teknologi transportasi seperti MRT. 
 
Seperti namanya, di jurusan ini kamu akan mempelajari cara kerja, perawatan, dan perancangan teknik mesin. Salah satu prospek karir yang terbuka untuk jurusan ini adalah operator mesin dengan kisaran gaji Rp4.000.000 sampai Rp5.800.000 per bulannya untuk tingkat pemula. 

Desain Grafis

Prodi vokasi dengan karier menjanjikan selanjutnya adalah desain grafis. Saat ini, keindahan desain produk menjadi salah satu faktor untuk menarik konsumen. Makanya, tenaga ahli di bidang ini semakin banyak dibutuhkan. 
 
Baca juga:  Kemendikbudristek Minta Kampus Vokasi Akui Jumlah SKS Mahasiswa Selama IISMA
 
Salah satu keahlian desain grafis yang cukup banyak dibutuhkan adalah keahlian di bidang desain UI/UX, yaitu desain dalam tampilan produk digital. Kisaran gaji yang ditawarkan pun tidak main-main, yaitu kisaran Rp8.800.000 sampai Rp16.000.000 per bulannya. Menggiurkan, bukan? 
 
Kira-kira itu dia 8 Prodi vokasi dengan karir menjanjikan yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu sudah tahu belum mau memilih jurusan apa?

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif