Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mengenal Teks Pidato: Pengertian, Struktur, dan Jenis

Renatha Swasty • 01 April 2022 18:54
Jakarta: Pidato menjadi salah satu bentuk komunikasi lisan yang sering digunakan pada acara-acara tertentu. Sebut saja acara kenegaraan ataupun upacara bendera pasti akan ada yang menyampaikan pidato. Lalu, apa itu pidato?
 
Baca juga: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Definisi, Unsur, dan Ciri-ciri Teks Eksposisi

Pengertian pidato

Pidato adalah sebuah pengungkapan pesan dalam bentuk lisan yang ditujukan kepada khalayak ramai untuk meyakinkan, memengaruhi, atau menghibur. Pesan yang disampaikan bisa berupa sapaan, gagasan, maupun informasi mengenai suatu masalah.
 
Agar tersampaikan dengan baik, pidato tentu harus menggunakan kalimat yang jelas. Selain itu, juga mesti memiliki struktur yang sistematis.


Struktur teks pidato

Dikutip dari Akupintar, terdapat tiga bagian yang harus ada pada susunan pidato. Berikut ulasannya:
  1. Pembuka

    Pembuka terdiri atas empat bagian, yakni salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan pengantar ke topik utama. Ucapan penghormatan umumnya menyebutkan nama-nama orang penting dalam suatu forum terkait, sedangkan ucapan syukur berisi rasa terima kasih atas kesempatan untuk berpidato.
     
    Selain keempat bagian di atas, pembuka yang baik mestinya juga mencakup lima unsur. Pertama, merebut perhatian audiens melalui pernyataan dramatis atau bantuan visual. Kedua, menunjukkan hubungan dan kesamaan antara orator dengan audiens.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Ketiga, mengungkapkan kelayakan berbicara dengan topik yang hendak dibawakan santun dan berlandaskan fakta. Keempat, menjelaskan harapan orator setelah pidato selesai. Terakhir, menyampaikan pokok-pokok pidato.
     
  2. Isi

    Isi merupakan bagian terpenting dalam pidato. Sebab, bagian ini memuat tujuan serta pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.
     
    Isi dari pidato yang akan disampaikan harus berisi informasi penting. Sebaiknya, juga disertai dengan alasan yang meyakinkan.
     
    Selain itu, dalam isi teks pidato juga dapat ditambahkan kalimat-kalimat fakta yang disertai sumber tepercaya. Dengan begitu, audiens akan meyakini dan mengikuti pesan yang disampaikan dalam pidato.
     
  3. Penutup

    Penutup merupakan bagian terakhir dari struktur teks pidato. Bagian ini harus memuat kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika ada kesalahan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.
 
Baca juga: 5 Contoh Teks Pidato dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Jenis-jenis teks pidato

Berdasarkan tujuan dan isi, pidato dibedakan menjadi empat jenis. Keempatnya ialah pidato informatif, argumentatif, rekreatif, dan persuasif. Berikut masing-masing penjelasannya:
  1. Pidato informatif

    Pidato informatif bertujuan menyampaikan sebuah pengetahuan atau informasi penting. Melalui pidato jenis ini, audiens diharapkan dapat memahami permasalahan yang disampaikan.
     
  2. Pidato argumentatif

    Pidato argumentatif biasanya memuat dalil, argumentasi, data, dan alasan. Hal-hal tersebut berfungsi untuk menolak atau mendukung sebuah pernyataan, keyakinan, pendapat, maupun opini tertentu.
     
    Untuk memperkuat daya terima argumentasi, dibutuhkan data-data faktual, serta bukti atau kesaksian seorang tokoh atau pakar.
     
  3. Pidato rekreatif

    Jenis pidato yang juga dikenal sebagai pidato kekeluargaan ini umumnya menyuguhkan sebuah kegembiraan. Kegembiraan tersebut merupakan kabar yang dapat dinikmati bersama dengan penuh rasa persaudaraan atau kekeluargaan.
     
  4. Pidato persuasif

    Pidato persuasif umumnya memuat informasi yang bersifat mengajak. Melalui jenis pidato ini, diharapkan informasi yang disampaikan dapat memengaruhi sikap dan tindakan audiens.
Baca juga: Memahami Kalimat Majemuk, Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Demikianlah pembahasan mengenai teks pidato, mulai dari pengertian, struktur, hingga jenis-jenisnya. (Nurisma Rahmatika)
 
Cek berita medcom.id terbaru dan menarik lainnya di Google News
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif